122 Rekening Pokmas Plus Sudah Diterbitkan Bank

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pihak Bank yang ditunjuk pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah menerbitkan sebagian buku┬árekening kelompok masyarakat (Pokmas) Plus yang akan bertugas mendampingi masyarakat penerima bantuan dana stimulan rehabilitasi dan rekontsruksi korban gempa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) KSB, Drs. Mulyadi, menjelaskan, terdapat sebanyak 122 Pokmas Plus yang rekeningnya telah diterbitkan bank.

Drs Mulyadi, Kepala DPMPD KSB

“Jadi sebagian besar Pokmas Plus sudah punya rekening bank,” ujar Mulyadi di Posko Utama penanggulangan gempa KSB di Taliwang, Kamis sore 4 Oktober 2018.

Ia menjelaskan Pemda KSB telah membentuk sebanyak 193 Pokmas Plus untuk mendampingi masyarakat korban gempa dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah mereka. Pokmas Plus yang belum diterbitkan rekeningnya saat ini masih dalam proses pengurusan oleh DPMD.

“Ada sebagian yang sudah kita ajukan ke bank, tapi ada juga yang masih kita jemput SK-nya dari desa karena kan SK pembentukan Pokmas ini oleh kepala desa,” ungkap Mulyadi.

DPMD menargetkan pembuatan rekening seluruh Pokmas akan tuntas paling lambat pada pekan depan. Setelah itu penyaluran dana stimulan dari rekening BPBD ke rekening masyarakat penerima bantuan akan dilaksanakan oleh pihak bank.

“Insyaallah kita selesaikan semuanya minggu depan, selanjutnya pihak bank yang punya mekanisme menyalurkan dananya,” timpal Mulyadi.

Diakuinya, penamaan Pokmas Plus dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah korban gempa di KSB ini berbeda dengan Juklak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Walau begitu fungsi dan tugas serta tanggungjawabnya tetap sama sesuai pentunjuk BNPB.

Dinamakan Pokmas Plus, karena dalam kelompok itu Pemda KSB mengadirkan para agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) tingkat peliuk atau blok (satuan terkecil unit kerja PDPGR).

Para agen ditunjuk sebagai ketua, sekretaris dan bendahara dan anggotanya seluruh masyarakat penerima bantuan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.