16 Agustus : 469 Meninggal Dunia, 417.529 Mengungsi Akibat Gempa Lombok

KabarNTB, Mataram — Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi Lombok terus bertambah. Berdasarkan data update Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB per hari Kamis 16 Agustus 2018 Pukul 17.00 Wita, jumlah korban jiwa suah mencapai 469 orang.

Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mochammad Rum, di Kabupaten Lombok Utara (KLU) jumlah korban meninggal sebanyak 407 orang,  Lombok Barat 39 orang, Lombok Timur 12 orang, Kota Mataram 9 orang dan Lombok Tengah 2 orang.

Proses evakuasi terhadap jenazah salah satu korban yang tertimbun longsor akibat gempa oleh Tim SAR Gabungan pada Rabu siang (15/8)

Untuk pengungsi, saat ini berjumlah 417.529. Sedangkan jumlah korban yang mengalami luka-luka tercatat 1.054 orang. Kerusakan infrastruktur berupa rumah dan fasilitas umum yang rusak tercatat sebanyak 71.937 unit.

“Data ini bersifat sementara, karena kami secara bersama-sama (Tim Gabungan) akan terus melakukan pendataan serta penanganan. Tidak menutup kemungkinan juga, jumlah tersebut akan bertambah,” tukasnya.

Hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih fokus melakukan pencarian dan evakuasi korban menyalurkan bantuan logistik, merevitalisasi jaringan listrik, telpon dan air.

“Kami juga fokus menyalurkan air bersih, mendirikan tenda, pemberian santunan korban yang meninggal, mendirikan sekolah darurat, membuat MCK dan terus mengamati perkembangan gempa bersama BMKG,” demikian H Mohammad Rum.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.