Ini Pesan SBY untuk KPK

presiden-susilo-bambang-yudhoyono-sby-_121008150704-192Jakarta,KabarNTB – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedikit mencuri kesempatan untuk memberikan pesan dan nasihat kepada KPK. Ia mengatakan terus mendukung KPK secara penuh untuk upaya mencegah dan memberantas korupsi.

Presiden SBY juga menekankan memberikan kepercayaan penuh kepada KPK. Tetapi, terselip pesan khusus kepada KPK yang langsung disampaikan Presiden SBY. “Jangan ada pikiran diantara kita untuk membelokkan, mencampuradukkan antara politik dan hukum. Politik, selesaikan secara politik, hukum selesaikan secara hukum. Dengan demikian akan jernih bangsa ini,” katanya saat penandatangan nota kesepakatan aksi bersama tentang Reformasi Tata Kelola Sektor Kehutanan oleh 12 Kementerian/Lembaga (K/L) yang diinisasi oleh KPK di Istana Negara, Senin (11/3).

Presiden juga menegaskan dengan kondisi tidak adanya campur aduk antara politik dan hukum, KPK pun bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Kondisi serupa juga berlaku bagi kepolisian dan kejaksaan agung.

Menurutnya, kondisi tersebut pun harus diciptakan oleh masyarakat. “Mengajak seluruh rakyat Indonesia termasuk elit politik, bantulah KPK, dukung KPK. Berikan kepercayaan kepada KPK karena di negara ini tidak ada satupun yang tidak diawasi rakyat. Termasuk saya,” katanya.

Karena itu, ia meminta para penegak hukum menjalankan tugasnya secara professional dan akuntable. “Karena penegak hukum juga diawasi dan dipantau oleh rakyat,” tambahnya.

Sebelumnya, saat hendak bertolak ke Jerman dan Hungaria, Presiden SBY sempat memberikan komentar tentang kondisi politik dan hukum yang berkembang pasca mundurnya Anas Urbaningrum dari kursi ketua umum partai democrat. SBY, kala itu meminta agar persoalan politik dan hukum tidak dicampur adukkan. Anas diminta untuk focus pada kasus hukumnya dan persoalan politik yang menyertainya diselesaikan di ranah lain.

Sumber : republika.co.id

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.