Himasus Demo Newmont di Yogyakarta

198861_620128361350000_99168615_nYogyakarta, KabarNTB –  Sebanyak 30 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Sumbawa Selatan (HIMASUS) di Yogyakarta menggelar aksi unjuk rasa mendesak PT Newmont Nusa Tenggara segera bangun Smelter sesuai Undang-undang No. 4 tahun 2009.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Bundaran Universitas Gajah Mada, Minggu (12/5) ini, berlangsung tertib.

Dalam orasinya korlap aksi Irwan tarewan mendesak PT. Newmont Nusa Tenggara segera melaksanakan Undang – Undang No 4 tahun 2009 yang mana pada pasal 103 dan pasal 170 mewajibkan perusahan usaha pertambangan melakukan pengolahan dan pemurnian di dalam Negeri.

“Sampai saat ini Perusahan Asing Newmont belum melakukannya dan Undang – Undnag tersebut memberi batas sampai 2014”.ujar Irwan dalam orasinya.

Himasus juga mempertanyakan hal ini kepada Pemerintah NKRI terkait existensi hukum itu sendiri yang mana secara terang – terangan dirasakan diinjak oleh para pelaku usaha pertambangan saat ini.

Irwan Tarewan dalam Aksinya juga mendesak PT. Newmon Nusa Tenggara segera melakukan renegosiasi kontrak karya terlebih dahulu sebelum melakukan Exploitasi di Blok Elang dodo rinti selain itu Pihak perusahaan harus bijak dalam mensikapi persoalan – persoalan ataupun problem yang di timbulkan oleh prusahaan di Sumbawa Selatan itu.

“Selama ini PT. Newmont Nusa Tenggara dirasakan  kurang cerdas menjawab semua persoalan-persoalan yang ada, kemudian kurangnya transfaransi terhadap Masyarakat dan Mahasiswa tentang program perusahaan terkait pengembangan dan pemberdayaan masyakarakat sementara itu semua sudah di atur dengan jelas dalam undnag – undang MINERBA”tandas Irwan

Lebih lanjut Irwan menegaskan pihak PT. Newmont Nusa Tengara tidak memiliki keberanian dan etikat baik untuk mau duduk bersama dengan mahasiswa dalam mensosialisasikan program Coorporate Social Responsibility perusahan tersebut dan ini yang membuat HIMASUS – Yogyakrta angkat bicara dan akan melakukan Aksi besar – besaran di Sumbawa dalam Waktu dekat ini.

“Kami menilai bahwa PT. Newmont Nusa Tenggara tidak memberi dampak yang signifikan terhadap keberaannya di tanah Bulaeng ini dan kami Mahasiswa sebagai Agen of Chang dan Agen of Control akan selalau mengawal dan menyuarakan keadilan terkait hal ini. Fakta yang kita lihat saat ini selama PT NNT beroprasi di Kabupaten Sumbawa Barat sama sekali tidak menguntungkan Daerah tersebut dan kita tentu tidak mau hal serupah terjadi dan di terapkan di Kabupaten Sumbawa khususnya Sumbawa Selatan”tambah Irwan

Himasus mengancam akan melakukan aksi dengan masa yang lebih besar di Kabupaten Sumbawa.

“ PT. Newmont Nusa Tenggara harus segera Membangun Shemelter sesuai dengan aturan yang ada dan kami akan terus mendesak tentang hal ini selama Aspirasi Mahasiswa dan Masyarakat Sumbawa Selatan tidak di dengarkan Oleh pihak perusahaan maka kami akan terus menerus melakuakn Aksi Di kota Yogyakarta ini dan kami juga akan melakukan Aksi dengan Masa yang lebih besar di kabupaten Sumbawa” tutup Irwan Tarewan Ketua HIMASUS – Yogyakarta.(Kn-01)

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.