Lats Anorawi Usulkan Perda Budaya

181430_10200674821547022_1115102869_n - CopySumbawa Barat, KabarNTB – Lembaga Adat Tana Samawa Anorawi saat ini tengah menggodok materi Peraturan Daerah (Perda) tentang Lembaga Adat. Sebagai salah satu Lembaga yang saat ini intens terhadap dinamika kebudayaan di Kabupaten Sumbawa Barat, keberadaan Perda tentang Lembaga Adat sangat diperlukan dalam rangka menopang Budaya dan adat istiadat kehidupan masyarakat Sumbawa Barat.

Ketua Tim Perumus Perda Lembaga Adat LATS Anorawi KSB Ustad Amir Maruf Husain S.Pdi.,MM menjelaskan bahwa saat ini tim sedang mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya tentang dinamika budaya, adat istiadat dan sejarah masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.

Materi tersebut nantinya akan dipelajari, dikaji, ditelaah dan dirumuskan hingga menjadi produk aturan yang nantinya memenuhi unsur kepastian hukum, bersifat mengikat, dan berlaku untuk semua kalangan yang berkaitan dengan Adat Istiadat Masyarakat Sumbawa Barat.

“Materi-materi tersebut sudah hampir rampung, hingga saatnya nanti kami akan melakukan seminar rumusan Perda Lembaga Adat dengan tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Pers yang ada di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Setelah itu baru selanjutnya produk kami hasilkan tersebut akan kami serahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dapat diusulkan menjadi Peraturan Daerah” ungkap Ustd Maruf.

Disinggung masalah pentingnya keberadaan Perda Lembaga Adat, Ustd Maruf menjelaskan bahwa, saat ini banyak aturan-aturan yang semestinya dapat berlaku dan ditaati didalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat baik itu berupa Undang-undang, Peraturan Pemerintah, bahkan Perda itu sendiri tidak dapat terlaksana dengan baik, dikarenakan mungkin model pendekatannya yang kurang mendapatkan posisi di dalam masyarakat.

“Keberadaan Perda Lembaga adat ini lebih mengutamakan pendekatan secara budaya dan adat istiadat yang tentunya lebih familiar didalam masyarakat, sehingga rasa memiliki masyarakat terhadap aturan yang ada dapat mempermudah Pemerintah Daerah dalam menegakkan aturan itu sendiri”  ungkap Ustd Maruf yang saat ini juga Menjabat sebagai WR I Undova.(Roy)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.