Ramadhan Bersama Trakindo Batu Hijau

versi 2Sumbawa Barat, KabarNTB – Ramadhan 1434H telah tiba, semua umat Muslim di dunia menyambut dengan gembira, begitu pula para karyawan di site Batu Hijau, khususnya umat muslim PT Trakindo Utama Batu Hijau (TBHD).

Puasa di bulan Ramadhan memiliki makna yang penting dimana bulan ini adalah bulan yang penuh kemuliaan. Oleh karenanya menuju bulan yang mulia ini, hendaklah kita memiliki persiapan yang matang khususnya bagi mereka yang akan menjalankan ibadah puasa.

Dalam Ramadhan kali ini, ada yang berbeda di Trakindo Batu Hijau. Trakindo Utama Sport and Recreation Association (Tusra) bekerjasama dengan Management beserta Keluarga Muslim Trakindo Batu Hijau membuat suatu program yaitu mendatangkan Ustadz Zaenal Abidin LC dari Jakarta ke site di mana tujuannya selain untuk memberikan semangat dan ilmu tentang Ramadhan, juga untuk memberikan pemahaman mengenai ETOS KERJA disiplin sesuai dengan ajaran agama Islam.

Program ini merupakan program pertama yang dilakukan di Batu Hijau dimana program ini bukan hanya diperuntukkan bagi Karyawan Trakindo saja, tapi juga untuk seluruh karyawan dan karyawati yang berada di site Newmont Batu Hijau serta untuk masyarakat yang berada di Lingkar  Tambang. Menyenangkannya lagi program ini disambut antusias oleh Yayasan Muslim Batu Hijau (YMBH) milik PT Newmont Nusa Tenggara dan segenap masyarakat yang berada di site serta masyarakat yang berada di lingkar Tambang PTNNT.

Jadwal Tauziyah Ustadz Zaenal Abidin selama di site disusun oleh YMBH. Hari pertama dan hari kedua dijadwalkan di mesjid Nurul Jannah Town site di mana komunitas jamaahnya adalah para karyawan dan keluarganya. Pada Ramadhan malam pertama dan seterusnya, terlihat mesjid dibanjiri oleh para jamaah yang sudah tidak sabar menunggu tauziyah yang akan di bawakan oleh Ustadz Zaenal Abidin LC dari Jakarta dengan Tema “Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Fadhilah Amalan didalamnya” dan hari kedua dengan tema “Mencari Kunci Rezeki yang Hilang”.

Ustadz Zaenal memaparkan bahwa salah satu kewajiban seorang Muslim itu adalah bekerja demi untuk menafkahi keluarganya dan “BEKERJA” dalam ajaran Islam adalah salah satu bentuk IBADAH. Untuk itu bekerjalah dan jadilah karyawan yang amanah dan lakukan segala aktifitas dengan hati yang ikhlas agar aktifitas tersebut mendapat nilai dan pahala yang besar dari Allah SWT, sehingga hasilnya pun menjadi barokah. Orang yang dibebankan amanat, hendaklah ia benar-benar menjaganya. Menunaikan amanat dan menjaganya, hukumnya adalah WAJIB.

Sabda Rasulullah SAW, “Tunaikanlah amanat pada orang yang memberikan amanat padamu dan janganlah mengkhianati orang yang mengkhianatimu” (HR. Abu Daud no. 3535, Tirmidzi no. 1264 dann Ahmad 3: 414, shahih). Untuk itu, jadilah karyawan amanat, dan bekerjalah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Pada kesempatan lain, ustadz Zaenal juga dijadwalkan oleh Management TBHD untuk memberikan nasehat-nasehat khusus kepada karyawan Trakindo di kantor Concentrator (COC) dan Mine Maintenance Area (MMA), Pada pertemuan Safety dan Human Capital. Pada kedua sesi tersebut, ustadz Zaenal memaparkan kepada para karyawan untuk bekerja dengan disiplin dan menjaga amanat sesuai dengan ajaran agama Islam.

Pada hari ketiga Ramadhan, Management TBHD dan Keluarga Muslim Trakindo menggelar acara Tabligh Akbar di desa Maluk dengan Tema “Rumah Tangga satu hati, satu langkah” acara ini khusus dipersembahkan untuk segenap warga yang berada di Kelurahan Maluk, Sumbawa Barat.

Pada Ramadhan hari ke empat & ke lima, ustadz Zaenal dijadwalkan mengisi Tauziyah di desa Tongo dan Desa Sekongkang Atas. Semua masyarakat menyambut dengan antusias karena ini merupakan kali pertama dalam Ramadhan hadir ustadz dari Jakarta memberikan Tauziyah kepada mereka.

Di tengah-tengah jadwal tauziyah Ramadhan yang padat, YMBH juga menjadwalkan ustadz Zaenal Abidin menjadi narasumber di radio SGSN milik PTNNT.

Serangkaian program Ramadhan ini merupakan salah satu wujud persembahan PT Trakindo Utama Batu Hijau untuk segenap karyawan di site Batu Hijau serta untuk seluruh masyarakat Muslim yang berdomisili di daerah lingkar tambang PTNNT.

Bapak Anis Mujahid Akbar selaku perwakilan management dari PT Newmont Nusa Tenggara yang juga merupakan ketua Pembina Yayaan Muslim Batu Hijau (YMBH), didalam salah satu acara Ramadhan yang tengah diselenggarakan memberikan apresiasinya kepada PT Trakindo Utama Batu Hijau atas rangkaian program Ramadhan yang telah diselenggarakan karena ternyata memberikan dampak yang positif bagi karyawan maupun masyarakat Batu Hijau secara umum. (A. Hamid)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.