Obama Berhenti Merokok Karena Takut Istri

Jakarta,KabarNTB – ┬áPresiden AS Barack Obama mengaku berhenti merokok karena takut pada istrinya, sebuah pengakuan yang secara tidak sengaja tertangkap mikrofon, Senin (23/9).

Pemimpin AS itu ambil bagian dalam sebuah acara mengenai masyarakat madani yang digelar disela-sela Sidang Umum PBB. Ia saat itu tengah membuat perbualan kecil dengan seseorang setelah mengakhiri pidatonya.

Dalam rekaman video CNN, Obama terlihat berdiri setelah acara tersebut berakhir dan bertanya kepada seorang lelaki di sebelahnya apakah ia sudah berhenti merokok.

Ketika pertanyaan itu dikembalikan kepadanya, Obama, dengan nada enteng dan senyum di bibir mengatakan: “Saya tidak merokok mungkin sudah selama enam tahun. Itu karena saya takut sama istri saya.”

Obama yang dikenal bersosok bugar dan menjalankan gaya hidup sehat itu pernah lama memiliki masalah dengan rokok dan menggambarkan dirinya sendiri sebagai seorang perokok dalam memoar masa mudanya, “Dreams From My Father.”

Kebiasaan merokok Obama dan upayanya untuk berhenti menjadi topik hangat di media AS sejak ia memulai kampanye presiden pada pemilu 2008.

Pada tahun pertama menjabat, Obama menyebut dirinya “95 persen sembuh” dari kebiasaan merokok namun mengaku kadang-kadang masih tergoda untuk mengisap rokok lagi.

Pada Desember 2010, jurubicara Gedung Putih saat itu Robert Gibbs mengatakan Obama sudah tidak merokok selama sembilan bulan dan bersikeras meneruskan usahanya untuk berhenti meski banyak tekanan dalam pekerjaan.

Ibu Negara Michelle Obama yang merupakan penggerak kesehatan masyarakat secara terbuka mengungkapkan ketidaksukaan pada kebiasaan merokok suaminya namun mengatakan bahwa Obama tidak pernah merokok di depan kedua anak perempuannya.

Pada Februari 2011, ia mengatakan bahwa Presiden sudah tidak merokok selama setahun dan bahwa ia tidak banyak mengusik soal merokok itu.

“Ketika seseorang melakukan hal yang benar, janganlah anda ganggu mereka,” katanya.
(Ant)

Ismed Eka Kusuma –

Sumber : http://www.aktual.co/internasional/115549obama-berhenti-merokok-karena-takut-istri

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.