Potret Infrastruktur Daerah Dalam Kondisi Memilukan

Jakarta, KabarNTB – Salah satu pekerjaan rumah pemerintah pusat dan daerah yang tidak pernah terselesaikan dan selalu menjadi sorotan adalah masalah infrastruktur. Masalah ini pula yang selalu dijadikan kambing hitam daya saing Indonesia yang kalah dibanding negara lain.

Pemerintah mengakui bahwa kondisi infrastruktur di Indonesia, utamanya di daerah, cukup memilukan. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengakui infrastruktur daerah hingga saat ini banyak yang tidak memadai.

Dari sisi irigasi, hanya 48 persen irigasi kabupaten dan 39 irigasi provinsi dalam kondisi baik. Selebihnya masih buruk.

Tidak hanya itu, kondisi jalan di daerah juga sangat memilukan. Kondisi jalan provinsi cuma 68 persen dan jalan kabupaten cuma 59 persen yang dalam keadaan bagus. Selainnya masih belum mengikuti standar yang ditentukan.

“Kondisi infrastruktur daerah memang banyak belum memadai. Dari jalan provinsi saja cuma 68 persen dan kabupaten 59 persen dalam keadaan mantap,” ucap Djoko di Komisi V DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9).

Selain itu, kondisi infrastruktur untuk air minum juga masih tidak memadai. Kondisi air minum cuma 53 persen dan jauh di bawah tuntutan target pembangunan millenium atau MDGs yaitu 68,87 persen. “Semua di bawah target,” tegasnya.

Djoko beralibi, kondisi ini sulit diperbaiki karena kapasitas pembiayaan daerah yang tidak memadai dan ini menjadi tanggung jawabnya. Kementerian PU daerah bertanggung jawab dalam pembinaan dan pengawasan.

Selain itu Kementerian PU juga membantu daerah dalam memenuhi kebutuhan keuangan daerah dalam Dana Alokasi Khusus (DAK). Saat ini dana DAK untuk 2014 masih dibahas bersama Komisi V DPR.

“DAK solusi memenuhi kekurangan dana meningkatkan kapasitas daerah,” tutupnya.[noe]

Sumber : http://www.merdeka.com/uang/potret-infrastruktur-daerah-dalam-kondisi-memilukan.html

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.