Cuci Tangan Juga Bisa Bikin Bahagia dan Optimistis Lho

Jakarta, KabarNTB – Jangan ragu lagi untuk memasukkan cuci tangan sebagai aktivitas harian Anda. Sebuah studi menyatakan bahwa cuci tangan tak hanya membuat Anda menjadi lebih sehat secara fisik, tetapi juga mental. Cuci tangan tanpa disadari menimbulkan efek bahagia dan optimistis bagi siapa saja yang melakukannya.

Dilansir Times of India, Senin (28/10/2013), Dr Kai Kaspar, dari University of Cologne, meneliti bagaimana membersihkan tubuh, termasuk cuci tangan, dapat mempengaruhi mental seseorang. Ia menemukan bahwa orang yang mencuci tangan, bahkan setelah mengalami kegagalan, dapat membuat mereka lebih yakin bahwa mereka bisa melakukan yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Dalam penelitian ini Dr Kaspar membagi 98 orang responden menjadi 3 kelompok. Pada bagian pertama percobaan, peserta dari 2 kelompok harus memecahkan tugas yang cukup sulit. Ketika kedua kelompok tersebut gagal, 1 kelompok terakhir diminta untuk mencuci tangan mereka sebelum melakukan tugas.

Kedua kelompok sebelumnya optimistis bahwa mereka bisa lebih baik pada tugas berikutnya, namun kelompok yang sudah cuci tangan memiliki tingkat optimistis yang jauh lebih tinggi.

Penelitian sebelumnya dari University of Michigan menemukan bahwa cuci tangan sebenarnya memang merupakan aktivitas pembersihan secara fisik dan emosional. Dalam penelitian tersebut, sebuah tim psikolog melaporkan bahwa tindakan sederhana seperti mencuci tangan juga membuat orang merasa lebih nyaman untuk membuat keputusan.

Mereka menemukan bahwa orang yang mencuci tangan segera setelah membuat keputusan yang sulit akan merasa lebih bahagia dengan pilihan mereka, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mencuci tangan. Para peneliti merasa aktivitas tersebut dapat memperbaiki mental seseorang dalam hal menarik keputusan.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science.(detik)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.