Wabup Lotim : Jadikan Hari Sumpah Pemuda Sumber Inspirasi

Selong, KabarNTB – Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin, M.Si, kemarin, Senin (28/10) bertindak selaku inspektur upacara dalam peringatan hari sumpah pemuda ke- 85. Pada kesempatan itu, Ia membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Sebanyak 21 pasang muda-mudi mengenakan busana adat berbagai daerah,  mendampingi pembacaan ikrar pemuda Indonesia, sekaligus merupakan salah satu simbol  peringatan hari sumpah pemuda, yang menggambarkan lestarinya tekad dan semangat satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah tanah air indonesia. Upacara yang diikuti para pejabat dan karyawan di lingkup Pemkab Lombok Timur, organisasi kemasyarakatan pemuda, pelajar itu berlangsung lancar dan khidmat.

Para petugas yang terlibat dalam pelaksanaan upacara itu terdiri dari para pemuda yang tergabung dalam berbagai ormas Kepemudaan, antara lain, Drs. M. Saleh dari unsur KNPI selaku pengatur upacara, M. Aminudiin dari unsur Kwarcab Pramuka Lombok Timur selaku Pemimpin Upacara, Amelia pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 dari Kwarcab Pramuka Lotim, Lalu Alamudin Makbul dan Devi Nurindah Sari dari PPI Lotim selaku pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, dan Tulus Restu Akbar, Anisa Adinda Qita, serta Nuzulul Kholifi masing-masing dari PPI bertugas mengibarkan bendera.

Membacakan sambutan Menteri, Wakil Bupati antara lain mengingatkan, pada tahun 2015, Indonesia memasuki era Komunitas Asean 2015, yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Itu, meminta kesiapan Indonesia untuk mampu bekerja sama secara terbuka dalam mengelola arus barang dan jasa, dan menuntut kesiapan muntuk bekerjasama dengan berbagai komunitas dari negara-negara Asean.

Semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kecerdasan yang inspiratif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.(Kn-o1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.