Rancang Perbub Taliwang Bersih, Bupati Ajak SKPD Turun Jalan

Sumbawa Barat, KabarNTB – Setelah sebelumnya Bupati Sumbawa Barat DR KH Zulkifli Muhadli SH.,MM mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 751 Tahun 2013 Tentang Penunjukan Penanggung Jawab Kebersihan Lingkungan Dalam Rangka Mewujudkan Kota Taliwang Yang Bersih Nyaman Dan Asri, kini selanjutnya akan diterbitkan Peraturan Bupati tentang menjadikan Taliwang Kota Kecil Bersih Indah Dan Nyaman.

Untuk mengawali hal tersebut, Kyai Zul Panggilan Akrab Bupati Sumbawa Barat, mengajak seluruh SKPD turun lapangan melihat secara langsung kondisi terakhir kebersihan Kota Taliwang. Dengan menggunakan Bis Pemkab. Sumbawa Barat, seluruh perangkat SKPD diajak untuk menyusuri sepanjang jalan Lingkar KTC, melihat kondisi pekarangan, talut, pagar dan kondisi lainnya yang ada di setiap kantor yang ada di Pusat Pemerintahan tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung Kamis (7/11) pukul 14.00 Wita. Di atas bis, Kyai Zul memimpin rapat dengan mengunakan microphone dan dipersilahkan kepada seluruh Kepala SKPD untuk memafarkan apa yang menjadi langkah kedepannya untuk menjadikan Kota Taliwang ini menjadi kota bersih.

Disepanjang jalan, Bupati langsung menanyakan apa yang harus dilakukan oleh dinas terkait untuk menangani talut yang sudah mapet, selokan yang kotor, tumbuh-tumbuhan yang tumbuh tidak teratur, tumpukan material, bangunan yang tidak memadai, dan berbagai kondisi lainnya yang dianggap mengganggu pemandangan kota taliwang. Perjalanan juga sempat berhenti di Lapangan Tiang Enam, sambil memantau aktifitas alat-alat berat yang sedang bekerja memperbaiki kondisi lapngan, dan saluran air yang ada di sekitar Lapangan Tiang Enam. Pada kesempatan tersebut, secara langsung diperintahkan kepada Kepala Dinas terkait untuk membuat kerangka kerja, rencana program, dan menyusun rincian anggaran sementara untuk dapat ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini, dan dimaksimalkan dalam APBD tahun 2014.

Dalam kesempatan tersebut Kyai Zul menyampaikan bahwa ini harus diupayakan segera, dimaksimalkan dan harus bisa. Kunci utamanya adalah partisifasi warga. Semua camat, lurah dan ketua RT harus mengambil peran.

Terkait dengan pelaksanaan Lomba RT bersih, ini bisa menjadi langkah yang baik dan harus dijaga kesinambungannya. Ini tidak boleh lepas dari pemantauan semua SKPD, harus terus dikawal, berikan contoh, beri pembinaan kepada mereka dan tidak boleh kebersihan itu hanya berlaku pada saat lomba saja.

“Masyarakat pasti mau berpartisipasi jika pola pendekatan yang dilakukan oleh perangkat pemerintah itu dilakukan dengan cara yang baik dan benar”, Unkap Kyai Zul.

Setelah menyusuri jalan-jalan yang ada di Kota Taliwang, perjalanan dilanjutkan menuju ke Gor Lalu Magaparang. Bupati beserta kepala SKPD untuk kesekian kalinya mengunjungi pengerjaan Gor yang menjadi kebanggaan masyarakat KSB tersebut. Hingga saat ini proses pengerjaan masih berlangsung. Terlihat para pekerja menuntaskan pengerjaan tribun utama, pengurugan dan beberapa bangunan pendukung lainnya yang ada dilokasi. (Kn-01)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.