Di Basis NU, Yusril Deklarasi Capres dari PBB

Surabaya, KabarNTB – Bertempat di Kota Surabaya, Jatim yang dikenal sebagai basis kaum Nadhliyyin (NU), Prof Dr Yusril Ihza Mahendra SH, MA mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden (Capres) Partai Bulan Bintang (PBB). Deklarasi itu dihadiri ribuan pendukungnya.

Deklarasi Yusril sebagai capres itu dilakukan di gedung JX International di Jalan A Yani Surabaya, Minggu (8/12). Ada sekitar 1.000 orang dari 14 kelompok pendukung, terutama kader PBB se-Jatim, hadir dalam deklarasi Yusril yang mulai dipopulerkan dengan nama Gus YIM ini. Para tokoh yang hadir antara lain, Ketua Umum DPP PPP MS Ka’ban, mantan cagub Jatim dari jalur independen Eggi Sudjana, dan tokoh lainnya.

Sebelum deklarasi dilakukan, lebih dulu digelar pawai barongsai, reog ponorogo, mobil kuno dan Harley Davidson sejauh 2,5 KM dari Carefour di Jalan Ahmad Yani Surabaya menuju JX International. Selanjutnya dilepas burung merpati dan balon bertuliskan Gus YIM for President.

Ketua Panitia Deklarasi Gus YIM for President, Wishnu Wardhana yang juga mantan Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, mengutarakan, pihaknya optimistis capres yang akan terpilih adalah Yusril Ihza Mahendra. “Ini sudah didengar jutaan malaikat. Saya yakin Gus YIM akan bisa menyelesaikan permasalahan bangsa ini,” katanya.

“Meskipun kekuatan kita kecil, asal punya semangat kuat dan keyakinan serta mewujudkan cita-cita mulia, bisa menjadi sesuatu yang besar bagi bangsa ini,” kata Yusril.

Soal kesediaannya dicapreskan, Yusril mengatakan, bahwa dia telah mengerti persoalan mendasar bangsa ini. “Saya terima amanat ini, karena saya tahu masalah mendasar bangsa ini. Yakni, soal keadilan dan kepastian hukum. Percuma ada pertumbuhan ekonomi kalau tak mengedepankan filosofi keadilan. Sia-sia juga ada keberhasilan pembangunan, kalau tak ada kepastian hukum,” tegasnya.

Amanat sebagai capres, menurut ketua Dewan Syuro PBB ini, bukanlah kenikmatan, tapi beban dan tanggung jawab. Yusril juga mengemukakan usulan menarik bahwa dia akan mengajukan yudicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Materinya bahwa dalam Pilpres 2014, parpol dan gabungan parpol bisa mengusulkan capres terlebih dulu sebelum Pileg 2014 digelar. “Kalau itu dimenangkan MK, parpol lain yang mengusung pasangan capres juga diuntungkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBB MS Ka’ban mengatakan, bahwa ada tiga nama yang digadang-gadang sebagai cawapres yang berpasangan dengan Yusril. Siapa mereka? Gubernur DKI Jakarta Jokowi; Puan Maharani, salah satu ketua DPP PDI-P dan Yenny Wahid (putri almarhum Gus Dur).

Sumber : suaramerdeka.com

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.