Mengenal Penyakit Jantung

KabarNTB – Jantung dapat dikatakan sebagai salah satu organ vital yang harus Anda jaga sebaik mungkin, karena jantung merupakan pusat kehidupan seseorang. Penyakit jantung merupakan istilah yang luas dan digunakan untuk menggambarkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung Anda. Penyakit jantung umumnya mengacu kepada penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat meyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina) atau stroke.

Jenis-jenis penyakit jantung

  • Gagal jantung
    Gagal jantung atau di kenal dengan bahasa medis Heart Failure, dimana keadaan jantung Anda tidak dapat lagi memasok aliran darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
  • Serangan jantung
    Serangan jantung atau Heart Valve Disease, terjadi karena salah satu katup jantung Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Penyakit jantung koroner
    Penyakit jantung koroner atau Coronary Artery Disease, disebabkan oleh lapisan lemak atau kolesterol di dinding arteri yang menyumbat pembuluh darah Anda, sehingga proses suplai darah dari dan ke jantung terganggu. Penyakit jantung koroner merupakan pembunuh no. 1 di Amerika.
  • Penyakit jantung bawaan
    Penyakit jantung bawaan atau Congenital Heart Disease juga menjadi salah satu risiko terbesar penyebab penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung

Dada Anda akan sangat terasa nyeri atau sakit (angina), cepat letih dan lelah, sesak napas, sering pingsan, beberapa organ tubuh Anda akan membiru, terjadi pembengkakan pada bagian kaki, perut, atau daerah sekitar mata, dan denyut jantung Anda tidak teratur atau berdebar-debar.

Faktor penyebab penyakit jantung

Anda merokok? Demi kesehatan Anda mulailah meninggalkannya, karena merokok merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol juga memiliki risiko terkena penyakit jantung, stress, kurang istirahat, bertambahnya umur dan faktor keturunan juga menjadi salah satu risiko terbesar penyebab penyakit jantung.

Pencegahan yang dapat dilakukan

Pencegahan memang lebih baik dari pada mengobati, apa saja pencegahan yang dapat Anda lakukan?

  • Berhenti merokok, Apabila Anda merokok dan ingin mengurangi risiko terkena penyakit jantung berhenti merokok menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan.
  • Ubah pola makan, menjadi pola makan yang sehat dan mengurangi makanan yang mengandung kolestrol.
  • Berolahraga, Olahraga memang kegiatan yang sering disepelekan namun pada kenyataannya olahraga sangat baik untuk kesehatan terutama jantung Anda.
  • Mulailah untuk menyenangkan dan menenangkan diri Anda sendiri, karena stress dan kurang istirahat menjadi salah satu risiko Anda terkena penyakit jantung.

Sayangi jantung Anda dengan merubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat serta merubah pola makan Anda menjadi pola makan yang sehat dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sumber:

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.