Ratusan Pelajar Ikuti Seleski Paskibraka

Sumbawa Barat, KabarNTB – Sedikitnya 103 pelajar SMU/sederajat mengikuti seleksi Paskibraka yang digelar di halaman kantor Dinas Pendidikan kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora)Sumbawa Barat. Seleksi tahunan yan melibatkan Purna Paskibraka Indonesia(PPI) KSB , Polri dan TNI ini,diselenggarakan dari 4-7 maret guna memilih calon Paskibraka mewakili Sumbawa Barat ke tingkat Propinsi.

“ Untuk seleksi awal akan dipilih 50 peserta. Mereka akan diseleksi lagi hingga terpilih sebanyak 20 orang,” terang kepala bidang Budpora Dinas Pendidikan kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Kaharuddin Made kepada media ini.

20 peserta terpilih, sambung Kaharuddin Made, akan diumumkan pada hari senin (hari ini,red). Mereka nantinya akan diseleksi kembali oleh tim dari propinsi, dan jika memenuhi syarat mereka akan bertugas sebagai anggota Paskibraka tingkat Propinsi.

“ tidak menutup kemungkinan mereka juga akan mewakili propinsi ke tingkat Nasional, dan itu tergantung dari hasil seleksi di tingkat Propinsi,” sambungnya.

Masih keterangan Kaharuddin Made, 20 peserta yang disiapkan oleh tim seleksi kabupaten, terdiri dari 10 peserta putra dan 10 peserta putri. Mereka akan dipersiapkan/dilatih oleh anggota PPI, Polri dan TNI hingga tahapan seleksi pada April mendatang.

Tidak seperti tahun sebelumnya, tim seleksi Paskibraka terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memilih peserta yang memenuhi syarat. Dengan dimasukkannya kegiatan ke Dikbudpora, tempat pelaksanaan tidaklagi seperti dulu, namun dipusatkan di halaman kantor Dikbudpora.

“ Hanya Kecamatan Maluk dan Sekongkang yang didatangi langsung oleh tim seleksi. Ini cukup difahami, karena jarak tempuh peserta yang cukup jauh sehingga diputuskan seleksi dilakukan di sana,” jelas Kaharuddin Made.

Terpisah, Ketua PPI Sumbawa Barat, Ahmad Yani, menyebutkan, Untuk tahun ini anggota Paskibraka Kabupaten akan dipilih sebanyak 34 orang. Mereka akan ditetapkan setelah seleksi tingkat propinsi dilaksanakan.

“ untuk menjadi anggota paskibraka peserta harus memenuhi beberapa persyarakatan. Tidak hanya fisik tetapi pengetahuannya pun akan uji. Mudah-mudahan tahun ini perwakilan dari Sumbawa Barat mampu melangkah ke tingkat Nasional, agar bisa tampil di puncak peringat Hari Ulang Tahun Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta,” harapnya.(Kn-02)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.