Tekhnik Sipil Unsa Gelar Praktikum Lapangan

Sumbawa, KabarNTB – Sebanyak 56 mahasiswa Fakultas Tehnik Sipil – Universitas Samawa (UNSA) sumbawa, mengikuti kegiatan Sondir yakni praktek lapangan Mekanik Tanah di belakang Kantor Harian Umum Radar Sumbawa, wilayah Desa Nijang kecamatan Unter Iwes, sabtu (14/06).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Fakultas Tehnik Sipil Unsa dengan UPT Laboratorium Worshop Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sumbawa, yang telah berlangsung sejak setahun terakhir.

Kordinator UPT Lab. Pengujian Bahan dan Peralatan – Memet Jaya Laksamana, Ssos menjelaskan bahwa pihaknya turut membantu para mahasiswa Fakultas Tehnik UNSA sehingga betul-betul memahami semua yang dipraktekkan di lapangan.

“Jika suatu saat ada owner yang menginginkannya, mereka (mahasiswa) harus bisa”, tukas Memet.

Para mahasiswa dilakukan praktek peralatan satu per satu, karena praktek Sondir ini sangat bermanfaat supaya nantinya mereka benar-benar bisa bekerja dengan profesional. Setelah melaksanakn praktek Sondir (untuk mengetahui kedalaman pondasi rekonstruksi bangunan) kemudian dilanjutkan dengan praktek Boring (fisik tanah) karena kedua praktek ini saling berhubungan kait – mengait.

Menurut Memet, selama pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Tehnik Sipil UNSA, telah melaksanakan pengujian baik beton, sowell, serta aspal yang dilakukan di UPT laboratorium pengujian bahan dan peralatan Worshop.

Ia berharap agar kedua pihak dapat meningkatkan kordinasi dalam menjalin kerjasama yang baik, pihak selalu siap membantu dalam penyediaan sarana atau peralatan.

Di tempat yang sama, Dosen Fakultas Tehnik Sipil UNSA – Fitrayuddin mengatakan bahwa kegiatan praktikum lapangan ini sangat bermanfaat, karena para mahasiswa dapat mengetahui daya dukung tanah menggunakan perangkat Hand Boring dalam melakukan ronstruksi bangunan. Sebelumnya, pihak Fakultas telah melaksanakan praktek Uji Tekan Beton, kemudian yang ini mengenai Mekanik Tanah.

Diharapkan output dari kegiatan ini agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam dunia kerja, sehingga dapat diperbantukan pada perusahaan-perusahaan yang ada di sumbawa. Selain itu, kerjasama Fakultas Tehnik dengan UPT Worshop Dinas PU Kabupaten Sumbawa dapat ditingkatkan lagi secara berkesinambungan, mengingat fakultas yang dipimpinnya belum memiliki Lab tersendiri.

Hal senada juga disampaikan Wakil Dekan Fakultas Tehnik UNSA – Zulkarnaen ST,MT, ia berharap agar pemerintah dapat memperhatikan kendala yang yang ada saat ini terhadap Fakultas Tehnik Sipil UNSA dengan memfasilitasi ketersediaan sarana penunjang pendidikan. selama ini pihaknya menjalin kerjasama dengan UPT Lab Worshop dengan sistem pinjam pakai yang dibayar, tentu hal ini dirasakan tidak efektif dengan tugas-tugas mahasiswa selaku peneliti.

Disamping itu, ia berharap agar Universitas Samawa khususnya Fakultas Tehnik diharapkan untuk dapat memiliki Laboratorim tersendiri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana praktikum yang memadai. (JIM)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.