Formasi Guru SD Mendominasi Rekrutmen CPNS KSB

Taliwang,KabarNTB – Hingga saat ini sejak dibukannya pendaftaran CPNS secara nasional tanggal 20 Agustus dengan system online di situs Menpan.go.id,  formasi CPNS untuk Kabupaten Sumbawa Barat belum diketahui dan tampil di situs tersebut.

Hal ini menjadi tanda tanya dari calon peserta CPNS di daerah ini, sehingga tak jarang diantara mereka mendatangi instansi BK-Diklat setempat.

“Lebih rinci tentang formasi CPNS untuk KSB kita belum mengetahui, karena data manual tidak ada dan semua system rekrutmen CPNS tahun ini menggunakan system online serempak secara nasional, jadi kita tunggu saja tampil di situs menpan.go.id” terang Malik Nurdin, S.Sos Kepala BK-Diklat Sumbawa Barat, Senin (25/8).

Namun Malik menegaskan,  gambaran umumnya bahwa formasi guru SD dipastikan  akan mendominasi rekrutmen CPNS di Sumbawa Barat, hal ini berdasarkan komunikasi yang dilakukan pihaknya dengan Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) di Jakarta belum lama ini.

Jumlah formasi untuk CPNS Sumbawa Barat tahun ini berjumlah 114 dari 750 yang diusulkan, hal ini menurut Malik, tentu masih belum memenuhi target kebutuhan pegawai yang ada di daerah ini.

“ Karena  semua ketentuannya ditetapkan pusat melalui Menpan dan pelaksanaannya serempak secara nasional, ya semua keputusan kita harus mengikuti”ujarnya.

Untuk pelaksanaan tes rekrutmen CPNS ini, dikatakan Malik secara nasional dijadwalkan akan berlangsung secara serentak pada tanggal 8 September mendatang, namun demikian menurut Kepala BK – Diklat yang murah senyum ini, pelaksanaannya di tiap daerah bisa saja terjadi pengunduran tergantung kesiapan daerah.

Untuk Sumbawa Barat, tes yang akan menggunakan system CAT (Computer Assisted Test) ini nantinya akan dilaksanakan secara bergilir setiap peserta dengan menggunakan 50 unit computer PC, dimana setiap peserta memiliki perbedaan materi soal.

“ Karena tahun ini kita belum melaksanakan pengadaan computer maka kita akan bekerjasama dengan pihak ketiga, dalam hal ini BK-Diklat KSB akan bekerjasama dengan meminjam computer milik Akademi Komunitas Nasional (AKN) KSB” kata Malik lagi.

Adapun aplikasi CAT itu sendiri nanti akan diinstal di setiap unit computer yang akan digunakan dan semuanya disiapkan oleh Badan Kepegawaiaan Nasional (BKN).(Kn-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.