Manimbang Kahariadi: Kemarin Pesta, Sekarang Kerja

Taliwang, KabarNTB – Pengamat politik dan kebijakan public Sumbawa Barat Drs. Manimbang Kahariadi mengingatkan anggota dewan baru harus segera bekerja pasca dilantik untuk menyelesaikan banyak pekerjaan rumah.
“Anggota dewan memiliki tantangan dan tanggung jawab besar untuk menjalankan fungsinya secara benar,” katanya usai pelantikan anggota DPRD KSB periode 2014-2019,” Selasa (19/8) kemarin.
Dalam wawancara yang eklusive bersama sejumlah wartawan. mantan Ketua DPRD Sumbawa Barat tersebut mengatakan banyak PR anggota dewan yang harus segera diselesaikan para legislator.Ia menyebutkan menjawab aspirasi masyarakat yang sudah terserap menjadi kebijakan dan rancangan peraturan-peraturan daerah yang belum selesai menjadi beberapa PR yang harus diselesaikan anggota dewan.

“Untuk menjalankan PR itu, anggota dewan sebaiknya tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi. Tidak boleh terlalu lama, jadi begitu dilantik harus segera bekerja menjalankan tugasnya,” katanya.
Agar bisa segera bekerja menjalankan trifungsi DPRD, yakni legislasi, penganggaran, dan pengawasan, dikatakan Manimbang,  tentunya anggota dewan harus membekali diri dengan pengetahuan, pengalaman, dan motivasi.
Pengetahuan, kata dia, bisa diperoleh misalnya melalui banyak mencari referensi, aktif mengikuti pelatihan-pelatihan, dan bersikap disiplin dalam berbagai agenda yang dilaksanakan, seperti rapat paripurna.
“Kalau pengalaman bisa didapat melalui banyak melakukan tinjauan ke lapangan, bertemu masyarakat, terutama yang menjadi konstituennya. Tujuannya, supaya benar-benar memahami problem konstituen,” katanya.
Sementara untuk motivasi, ia mengatakan tentunya harus berkaca terhadap diri sendiri berkaitan dengan pola pikir (mindset), termasuk kalau perlu “mindset” yang selama ini dipahami harus diubah.
“Motivasinya itu bagaimana, ‘dulu berangkat jadi anggota dewan niatnya mau apa, Apa mau memperkaya diri atau bagaimana, Atau mau memperjuangkan aspirasi masyarakat,” katanya lagi.
Manimbang begitu pria tersebut disapa kembali menegaskan hari ini anda dilantik “pesta” dan besok anda harus sudah menyusun renstra apa yang akan anda perbuat “bekerja” demi kebaikan daerah Sumbawa Barat ini.

“ Saya juga meminta agar wakil rakyat yang dilantik hari ini (19/8) Kemarin agar memahami tugas dan fungsi. Jangan membuat pemikiran yang dikotomis atau diametral bahwa Dewan dan pemerintah itu beda. Dia ibarat adik kandung yang saling melengkapi dan menutupi segala kekurangan. Hanya fungsinya saja yang beda,sementara perannya untuk memajukan daerah dalam kontek tata pemerintahan berdasarkan undang-undang itu disebut mitra strategis. Eksekutif dan legislative itu satu badan, satu rumah tapi beda kamar,” terangnya jelas.(Kn-03)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.