Newmont Diwarning Prioritaskan Kepentingan Lokal

Taliwang,KabarNTB – Rencana PT. Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) melanjutkan kembali aktivitas tambangnya di Batu Hijau mendapat apresiasi positif dari sejumlah pihak di Kabupaten Sumbawa Barat.

Hanya saja diharapkan kedepan, PT NNT lebih mengutamakan kepentingan local KSB sebagai daerah penghasil baik dari sisi tenaga kerja maupun kepentingan pengusaha local.

Wakil Ketua sementara DPRD Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST kepada media ini, Selasa (9/9) meminta PT NNT segera memanggil karyawan yang tadinya dirumahkan atau stand by.

“ Kami minta Newmont segera panggil karyawan terutama yang local, jangan sampai ada karyawan local di PHK setelah sebelumnya dirumahkan,” tandas Fud Syaifuddin.

Politisi Partai Bulan Bintang ini juga menekankan, dalam beroperasi kembali nantinya PT NNT dapat memberi kesempatan kepada karyawan local seluas luasnya untuk mengisi jabatan strategis.Karena pasca dirumahkan para karyawan yang berasal dari luar daerah lari keluar dari PT NNT.

“ Kami minta PT NNT meninjau kembali pemanggilan karyawan ini, sekali lagi kami tekankan agar memprioritaskan yang local yang loyal terhadap perusahaan,”katanya.

Selain itu Fud juga mengingatkan, Sub kontraktor PT NNT dalam merekrut tenaga kerja juga memprioritaskan tenaga kerja local, untuk itu ia meminta kepada Bupati Sumbawa Barat dalam hal ini Dinas terkait agar dapat melakukan control terhadap perusahaan sub kontraktor dalam merekrut tenaga kerja nantinya.

“ Ini adalah kesempatan bagi kita memberi kesempatan bagi karyawan local terutama Sub kontraktor yang akan merekrut kembali tenaga kerja, kami minta Dinas terkait melakukan control dan melaksanakan Perbup No. 9 tentang tenaga kerja dengan sebaiknya,” kata Fud.

Senada dengan Fud Syaifuddin, H. Yasin Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan Publik KSB (LP3K) mengingatkan, agar PT NNT dapat belajar dari pengalaman sebelumnya dalam melakukan aktivitasnya kembali, terutama memberi kesempatan terhadap kepentingan local.Menurutnya sudah saatnya kepentingan local menjadi prioritas utama seperti sub kontraktor maupun tenaga kerja.

“ Kita sadari dalam beberapa item pekerjaan di NNT perusahaan local sumber dayanya masih minim, namun ruang dan kesempatan untuk melakukan pekerjaan hendaknya di prioritaskan, sub kontraktor local juga bisa bekerjasama dengan perusahaan luar sambil dilakukan pembinaan,”demikian harap H.Yasin.(Kn-01)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.