Polda NTB Imbau Masyarakat Antisipasi 3C

Mataram,KabarNTB – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mengantisipasi segala bentuk tindak kriminalitas 3C yakni pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor.

Kepala Bidang Humas Polda NTB AKBP Suryo Saputro kepada wartawan di Mataram, Selasa, mengatakan bahwa kesadaran masyarakat yang paling utama untuk mencegah dan mengurangi peluang pelaku kriminal melancarkan aksinya.

“Anggota kami di lapangan sudah melakukan berbagai upaya dalam mencegah dan menangkap para pelaku kriminal di wilayah NTB. Namun usaha itu perlu didukung partisipasi masyarakat. Jika ada tindak kejahatan apapun bentuknya, segera laporkan ke polisi agar cepat ditindak,” ujarnya.

Tindak kejahatan di daerah ini semakin marak seperti penjambretan, perampokan nasabah bank, dan  pencurian.  “Sebenarnya secara tidak langsung hal itu dipengaruhi pula oleh kurangnya kesadaran warga untuk selalu waspada. Padahal, pencegahan dan kewaspadaan itu penting.

Dikatakannya, jika sedang bepergian atau berada di tempat umum, diharapkan tidak menggunakan barang berharga yang terlihat mencolok. Kalau melakukan transaksi uang tunai dalam jumlah besar di bank, sebaiknya meminta polisi untuk mengawal.

Menurutnya, pihak kepolisian tetap melakukan berbagai upaya untuk mencegah aksi para pelaku kriminal di wilayah ini, misalnya  melaksanakan patroli di lapangan dan operasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat untuk selalu waspada.

“Pada intinya kami mengharapkan masyarakat berkoordinasi dengan kepolisian. Kalau ada yang mencurigakan atau terjadi tindak kejahatan, segera lapor ke polisi untuk ditindaklanjuti,” katanya. (ant)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.