Praktisi Wisata Nilai KSB Potensial Untuk Paralayang

Sumbawa Barat, KabarNTB – Kabupaten Sumbawa Barat yang merupakan daerah perbukitan dinilai praktisi pariwisata Nusa Tenggara Barat sangat cocok untuk pengembangan Paralayang sebagai salah satu obyek wisata di daerah ini.

Menurut Nanang Wirawan seorang praktisi dibidang Pariwisata, seperti diberitakan media ini sebelumnya, KSB memiliki 4 titik potensial untuk Paralayang yakni di Labuhan Balat, Mantar, Jelengah dan Bukit sekitar Pantai Trophy Sekongkang.

Namun menurut mantan karyawan PT. Newmont Nusa Tenggara ini, jumlah titik untuk Paralayang di KSB bisa bertambah, seperti di Banjar dan beberapa bukit lainnya di Taliwang.Hal ini diketahui Nanang setelah berkunjung ke beberapa wilayah di KSB selama sepekan.

“ Bisa sepuluh bahkan belasan titik potensial untuk Paralayang disini (KSB-red), cuma yang jadi persoalan akses jalan menuju bukit ini saja yang menjadi kendala,” ujar Nanang kepada Media ini Jum’at (10/10).

Diantara titik yang paling potensial untuk dikembangkan Paralayang ini dijelaskan Nanang, adalah di wilayah Desa Mantar.Menurutnya di Mantar ada 3 bukit yang potensial untuk Paralayang diantaranya bukit tempat shoting Film Serdadu Kumbang.

Ia sendiri mengaku sudah beberapa kali terbang Paralayang dan membawa tamu dari Rusia ke bukit Mantar.

“ Sayang sekali ketika KSB punya potensi ini tidak dikembangkan, kita bisa bantu support asal Pemerintah setempat mau membuka diri melihat potensi ini,”tambahnya.

Paralayang adalah bagian dari Cabang olah raga Aeromodeling dibawah induk Federasi Aeoromodeling Seluruh Indonesia (FASI), olah raga yang bisa menjadi wisata ini menurut Nanang kini mulai marak di NTB terutama di Pulau Lombok, namun demikian potensi di Pulau Sumbawa khususnya KSB sangat potensial dikembangkan dan menciptakan multiplayer effect.

“ KSB kalau mau pariwisatanya maju bisa mulai dari Paralayang terutama jika ingin memajukan Desa Mantar, Paralayang bisa jadi Jembatan pengembangan Pariwisata disana,”katanya.

Selain Paralayang, Gantole yang juga cabang dari Aeromodeling juga bisa dikembangkan di KSB.Disamping itu, Nanang yang juga menggeluti dunia Fotografi, menilai KSB juga punya potensi wisata lainnya seperti Selam dan potensi Gua yang berstandar Dunia.

Sayangnya menurut Nanang yang mengamati Pariwisata di Sumbawa Barat sejak beberapa tahun selama menjadi karyawan PT NNT, belum melihat adanya keseriusan dari Pemerintah setempat dalam mengembangkan Pariwisata.(Kn-01)

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.