Hari Pertama Tes CPNS Di KSB Berlangsung Lancar

Taliwang, KabarNTB – Pelaksanaan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Instansi Kabupaten Sumbawa Barat hari pertama, Sabtu (1/11) berlangsung lancar dan sukses.Tes Kompetensi Dasar (TKD) menggunakan system computer CAT (Computer Assisted Test) hari pertama untuk SLTA dan D3 ini berlangsung dalam 5 sesi di gedung CAT KSB.

Tiap sesi peserta mengikuti TKD dengan total waktu 90 menit, dengan jumlah soal sebanyak 100 soal.Adapun soal TKD ini terdiri dari 35 soal untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan 30 soal untuk Tes Intelegensia Umum (TIU)

Ketua Komisi I DPRD KSB, Drs. M. Thamzil turut hadir mengawasi pelaksanaan tes CPNS hari pertama ini, ia mengaku mengikuti pelaksanaan tes ini dari sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 pagi hingga berakhirnya sesi kelima.

“ Seleksi dengan menggunakan System CAT ini benar-benar transparan dan sangat kompetitif, tidak ada ruang untuk berbuat curang dan hasilnyapun bisa langsung diketahui oleh tiap peserta” ujarnya kepada media ini disela-sela mengawasi pelaksanaan Tes kemarin.

Pantauan media ini kemarin, pelaksanaan tes CAT ini berlangsung dilantai II gedung CAT KSB dengan tertib.Sebelum memasuki ruangan tes peserta terlebih dahulu dikumpulkan dan diabsen kehadirannya di lantai I sekaligus diberikan pengarahan tata cara pelaksanaan tes CAT oleh staf Badan Kepegawaiaan Negara (BKN) regional Denpasar.

Setelah mendapatkan pengarahan selama 10 menit peserta selanjutnya diarahkan untuk memasuki ruang tes yang berada di lantai II , di ruangan tes tersebut benar-benar dibuat steril, media pun tidak diperkenankan mengambil gambar ruangan pelaksanaan tes, hanya peserta dan dua orang pengawas dari BKN yang boleh berada dilokasi.

Sementara di lantai I peserta tes dapat di monitor melalui satu layar televisi yang dipasang panitia di ruang koordinasi.Melalui layar televisi tersebut nampak 5 gambar ditiap sudut ruangan lantai II diketahui, dan melalui layar televisi ini juga tiap peserta bisa dicek posisi dan keberadaanya selama mengikuti tes.

Sedangkan untuk hasil tes yang dilakukan peserta dapat diketahui setiap menit melalui layar televisi yang dipasang dua unit, masing-masing di ruang koordinasi dan di tempat pengumuman di depan gedung CAT.

Setelah berakhir 90 menit peserta dapat mengetahui hasil tes yang dilakukan, melalui layar televisi tadi dan print outnya juga dipasang dipapan pengumuman selang beberapa menit setelah tes berlangsung.Selain itu hasil tes bisa diketahui di situs BK – Diklat KSB melalui jaringan internet juga selang beberapa menit setelah pelaksanaan tes berakhir.

“ Memang hasilnya bisa langsung diketahui dan peserta tidak perlu harus menunggu lama untuk mengetahui seperti apa hasil tes yang mereka ikuti,”demikian tandas Malik Nurdin Kepala BK-Diklat Sumbawa Barat.(KN-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.