Lolos Passing Grade Belum Menjamin Peserta Tes Lulus CPNS

Taliwang, KabarNTB – Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan nilai ambang batas (Passing Grade) bagi peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari soal Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Passing Grade untuk peserta tes CPNS dengan system CAT (Computer Assisted Test) di Kabupaten Sumbawa Barat yakni, 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 75 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 70 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kepala Bagian Umum Kantor Regional 10 Badan Kepegawaian Negara (BKN) Denpasar, Istiyarno,S.Ip kepada media ini menjelaskan, meski peserta yang lolos passing grade tidak mutlak lulus seleksi CPNS.

” Jumlah kelulusan dilihat dari formasi yang disiapkan. Meski yang lolos ada 10 tapi kalau formasi yang tersedia hanya lima, otomatis lima lainnya tidak diterima, disitu nanti dilihat yang lulus berdasarkan kecepatan waktu disamping rangking passing grade,  jadi jika nilainya sama siapa yang cepat dia yang lulus” katanya kemarin (1/11) di gedung CAT KSB.

Dikatakan Istiyarno yang bertindak selaku coordinator pelaksanaan tes CPNS di KSB ini, BKN menyiapkan bank soal antara 16 sampai 19 ribu untuk peserta tes di daerah termasuk di Sumbawa Barat, sementara bank soal secara nasional berjumlah 82 ribu, dengan demikian dipastikan tiap peserta memiliki soal yang berbeda, namun tingkat kemudahan dan kesulitannya sama.

“ Materi soal ini dibuat oleh konsorsium yang melibatkan 10 perguruan tinggi terkemuka di tanah air,”ujar Istiyarno.

Untuk TWK dan TIU ditegaskannya,  tiap soal yang benar bernilai 5 sedangkan nilai nol jika menjawab salah, dan tidak ada nilai minus sedangkan untuk nilai TKP dihitung berbeda yakni berdasarkan bobot artinya tiap soal memiliki nilai yaitu minimal 1.

Adapun soal TKD ini terdiri dari, 35 soal untuk TWK, 35 soal untuk TKP dan 30 soal untuk TIU dengan total 100 soal dengan waktu 90 menit.

“ Jadi kalau dihitung rata-rata tiap soal yang dijawab itu memerlukan waktu kurang dari 1 menit atau berkisar 0.98 menit, jadi ketika peserta tes keluar ruangan dia telah rugi waktu sekian menit untuk menjawab soal, “ tandas Istiyarno.(KN-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.