Pemda Diminta Segera Realisasikan Bantuan Dana Korban Bencana

Taliwang,KabarNTB – Musibah angin puting beliung yang menimpah sejumlah rumah warga di Desa Moteng dan Tepas Sepakat beberapa waktu lalu, kini menyisakan harapan uluran tangan dari Pemerintah setempat.Betapa tidak, rumah tempat tinggal sebagian warga di dua Desa Kecamatan Brang Rea tersebut rata dengan tanah.

Hal ini membuat prihatin anggota DPRD Dinata Putrawan, ST. Ketua Komisi III DPRD Sumbawa Barat ini meminta pemerintah daerah agar segera mempercepat realisasi bantuan dana untuk korban bencana.

Pemda menurutnya, bisa menggunakan sumber pos belanja tidak terduga guna memproses segera rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga yang ditimpa bencana tersebut.

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) menurut Dinata, telah melakukan verifikasi terhadap rumah warga yang terkena musibah angin putting beliung tersebut. Ada 3 kategori rumah yang ditimpa bencana ini yakni, kondisi rusak ringan, rusak sedang dan rusak parah.

“ Berdasarkan laporan BPBD, kami harapkan Bupati dapat percepat SK tanggap darurat guna memberikan bantuan bagi mereka korban bencana ini,terutama yang kondisi rumahnya dalam kategori rusak sedang dan rusak parah, sedangkan yang rusak ringan sudah bisa diatasi,” kata Dinata Putrawan, ST.

Sebelumnya pemda setempat telah memberikan bantuan penanganan tanggap darurat bagi korban bencana angin puting beliung berupa bantuan bahan makanan, air minum dan sejumlah kebutuhan yang bersifat mendesak lainnya.

“ Terkait penanganan darurat itu kami memberikan apresiasi bagi pemda,”demikian ungkap Dinata Putrawan, ST (KN-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.