Koperasi Ojek Dapat Suntikan Dana Pusat

Taliwang, KabarNTB – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2014 menurunkan bantuan dana social (Bansos) untuk usaha Koperasi di Kabupaten Sumbawa Barat sebesar Rp. 200 Juta yang dibagi kepada empat Koperasi masing –masing sebesar Rp. 50 jt.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) KSB, Ir. Lalu Muhammad Azhar menyebutkan, salah satu koperasi yang mendapatkan Bansos tersebut yakni Koperasi Ojek Taliwang (Koptal).Selain Koptal tiga koperasi lainnya yakni koperasi Samba Sekongkang, koperasi Alang Annisah Taliwang, dan koperasi Annisah muslimat NU.

“ Dua diantara koperasi itu telah dicairkan dananya, sedangkan dua lagi dalam proses,”terangnya.

Dikatakan Lalu Azhar, dalam upaya mendukung usaha koperasi di KSB, pihaknya setiap tahun mengusulkan sejumlah koperasi kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan dana pembinaan, termasuk untuk tahun anggaran 2015 mendatang.

“ Koperasi yang diusulkan tentu yang memiliki usaha yang sehat dan system adminstrasi yang lengkap,”katanya.

Menyinggung jumlah koperasi yang ada di KSB saat ini, Lalu Azhar merinci secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi data terakhir yakni berjumlah 471, dimana dari jumlah tersebut terdapat 47 koperasi yang tidak aktif.

“ Jumlah koperasi di KSB jumlahnya banyak namun tidak kelihatan, dari jumlah yang ada tersebut kita akan seleksi 19 koperasi unggulan yang akan kita bina untuk kemudian koperasi lainnya dapat mengikuti,”pungkasnya.(K-01)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.