Australia Bantu Sarana Air Bersih Untuk KSB

Sumbawa Barat, KabarNTB – Pemerintah Australia melalui program Ausaid pada tahun 2015 mengucurkan dana hibah untuk kebutuhan sarana air bersih bagi masyarakat Sumbawa Barat.

Dana hibah Ausaid melalui Pemerintah Pusat ini, akan diterima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Daerah Sumbawa Barat.

Direktur PDAM KSB Bambang, ST kepada wartawan media ini mengungkapkan, bantuan Australia ini diberikan kepada 30 PDAM seluruh Indonesia termasuk Sumbawa Barat.

” Kita di Provinsi NTB ini hanya 3 PDAM yang dapat jatah yaitu PDAM Lombok Tengah, PDAM Dompu dan PDAM KSB ” ungkapnya.

Lebih lanjut Guru sapaan Akrab Dirut PDAM ini bentuk bantuan hibah tersebut berupa Saluran jaringan rumah penduduk yang akan dipusatkan dibeberapa kawasan pesisir seperti, Kertasari, Labuhan Lalar , Poto Tano , Tambak Sari dan kawasan lainnya yang belum dapat akses jaringan air Bersih

” Semua kawasan pesisir akan menikmati air bersih dan tentu ini akan mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih ” tandasnya.

Program ini lanjutnya merupakan bagian dari program pemerintah pusat untuk mempercepat Regulasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tentu akan memberi efek domino terhadap pembangunan masyarakat khususnya dikawasan pesisir.

Apalagi menurutnya bantuan ini akan mampu mengurangi beban Pemerintah Daerah dalam menyedot Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dalam program tersebut pihak Ausaid akan melakukan pemasangan jaringan rumah tangga setidaknya ada 1.650 Rumah Tangga yang akan menikmati program tersebut.

” Ada 1.650 Rumah Tangga yang sudah didata untuk dapat menerima bantuan tersebut dan itu akan jalan pada bulan Februari 2015 mendatang ” timpalnya.

Bambang berharap, bantuan yang dikucurkan tersebut dapat dimamfaatkan oleh masyarakat secara maksimal sehingga program pemerintah tidak sia-sia dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat karena dalam mendatangkan program tersebut pihaknya bersama Pemerintah Daerah berjuang bersama dan melakukan lobi-lobi yang baik dengan pihak pemerintah Pusat
” Program ini merupakan perjuangan Pemerintah Daerah demi untuk kepentingan Masyarakat Sumbawa Barat ” bebernya.

Dalam penanda tangan MoU perjanjian hibah tersebut Pemerintah Daerah Sumbawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. Ir. W. Musyafirin,MM telah sepakat untuk mengelolah anggaran tersebut dengan mekanisme yang sudah diatur berdasarkan peraturan yang ada
” Penanda tangan nota kesepakatan hibah tersebut telah selesai dilakukan pemda KSB yang diwakili oleh pak sekda bersama Pemerintah Pusat pada hari senin pekan lalu ” demikian Bambang. (K-3)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.