Pasien Mengeluh Pelayanan Puskesmas Brang Rea

Sumbawa Barat, KabarNTB – Program kesehatan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, daerah ini gencar melakukan sosialisasi pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.

Sayangnya implementasi dilapangan tidak konsisten diterapkan, betada tidak Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Beru Kec. Brang Rea Sumbawa Barat misalnya dikeluhkan pasien .

Sejumlah pasien yang datang berobat harus sabar menunggu lama di karenakan karyawan dan karyawati di Puskesmas tersebut belum masuk dan terkesan pasien diabaikan.Salah satu pasien Puskesmas yang berasal dari Desa Sapugara Bree yang enggan namanya dipublikasikan, mengaku kecewa dengan pelayanan Puskesmas Desa Beru yang menelantarkan dirinya selaku pasien.

Ia mengaku sangat prihatin terkait dengan cara petugas dalam memberikan pelayanan medis kepada dirinya. Bahkan terkesan diabaikan begitu saja tanpa keterangan yang jelas dari pihak Puskesmas.

Menurutnya, pelayanan yang kurang baik tersebut dimulai dari petugas loket pendaftaran sampai dengan petugas kesehatan lainnya. Padahal petugas ini dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang baik dan dengan selalu membuat pasien nyaman serta mengedepankan profesionalitas pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah diatur oleh Pemerintah.

” Sudah 3 jam saya menunggu petugasnya belum juga datang , saya tidak tahu kenapa kok begini pelayanan Puskesmas ini ” keluhnya.

Pasien ini mengaku sangat membutuhkan penanganan dengan segera karena kondisi kesehatannya yang tidak membaik. Dirinya tidak mengetahui jelas apa alasan yang mendasar terkait dengan lambannya kehadiran para petugas kesehatan untuk menuju lokasi kerja.

” Semestinya pemerintah melalui Dinas Kesehatan KSB harus segera memberikan teguran kepada petugas yang lalai dengan tugasnya tersebut, bila perlu beri sanksi tegas kepada petugas yang nakal ” timpalnya.

Setelah kurang lebih 3 jam menunggu petugas, akhirnya menurut pengakuan pasien tadi barulah salah satu petugas kesehatan untuk Laboratorium pengetesan darah datang untuk melakukan pengecekan, apakah yang bersangkutan sakit malaria atau tidak, menurut Pasien ini si petugas datang sambil berkata,

” Saya ini bukan pegang Laboratorium saja pak, saya juga di admnistrasi jadi saya baru dari Dinas Kesehatan untuk mengurus gaji ” ungkapnya (K-As)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.