Demokrat Jaring Bacabup KSB 2015

Sumbawa Barat, Kabar NTB – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Sumbawa Barat mulai melakukan proses penjaringan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Sumbawa Barat dalam Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang .

Partai berlambang Mercy ini resmi membuka proses pendaftaran bakal calon (balon) Bupati Sumbawa Barat periode 2015-2020.

Ketua Tim Penjaringan Partai Demokrat, Badaruddin Duri, menjelaskan mekanisme proses pembukaan pendaftaran balon Bupati Sumbawa Barat, mengacu pada Perpu nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota dan Pedoman Organisasi Partai Demokrat yang sudah ditetapkan.

“ Pendaftaran ini terbuka untuk umum , dan Hari selasa ( 24/2 ) kita mulai buka pendafataran ,” kata Badaruddin Duri, saat dikonfirmasi sejumlah awak media , kemarin.

Menurutnya, pendaftaran Bakal Calon Bupati akan dibuka sampai satu minggu dan tidak menutup kemungkinan pendaftaran akan diperpanjang lagi hingga satu bulan.

“ Nanti tergantung dari banyaknya pendafatar. Jika cukup banyak, maka waktu pandaftaran tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang hingga satu bulan kedepan dan nanti itu akan di lakukan uji publik yang akan dilakukan oleh Lembaga Independent yang ditunjuk Partai ,” terangnya.

Pendaftaran bakal calon bupati dari partai Demokrat ini lanjutnya, akan diterima dan dilakukan verifikasi administrasi yang nantinya juga proses itu semua akan diseleksi oleh tim penjaringan yang dilakukan oleh masing – masing 2 orang dari Dewan Pimpinan Cabang PD KSB , 2 orang dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  dan 3 orang dari Dewan Pimpinan Pusat Demokrat.

Partai besutan Gubernur NTB Dr. TGH. Zainul Majdi ini bahkan membuka peluang selebar-lebarnya kepada masyarakat yang akan mendaftarkan diri menjadi calon Bupati Sumbawa Barat periode 2015-2020, asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Partai dan Partai Demokrat tidak memiliki persyaratan khusus terhadap Bacalon Bupati.

“Kita akan buka peluang selebar – lebarnya kepada masyarakat KSB yang berminat mendaftar ke Partai kami (Demokrat.red) , dengan cacatan sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan berdasarkan aturan yang ada di Pedoman Organisasi (PO) ,” jelasnya.

Pada penjaringan bakal calon bupati ini lanjutnya, Partai Demokrat tentunya juga perlu memandang elektabiltas dan popularitas masing-masing Balon. Karena hal itu sudah menjadi acuan penting bagi partai Demokrat.

“Populariatas saja tidak cukup bagi kita, harus diiringi elektabitas juga,” pungkasnya.

Sesuai hasil rakor pimpinan partai tingkat cabang, setelah dilakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon di DPC,DPD dan DPP, maka tahapan selanjutnya akan ada lembaga yang dipercaya untuk melakukan survei bakal calon bupati. Untuk itu ia memastikan tim penjaringan akan melakukan penjaringan secara profesional . Syarat-syarat bakal calon bupati yang sudah disahkan menjadi acuan tim untuk bekerja.

“ Prinsipnya tim penjaringan bekerja sesuai dengan amanah undang-undang dan mekanisme partai. Kita buka peluang ini kepada siapa saja yang terpanggil untuk mendaftarkan diri menjadai bakal calon Bupati Sumbawa Barat di Partai Demokrat,” tandasnya.

Ketika disinggung sudah berapa pendaftar di pembukaan pendaftaran pertama, dirinya membeberkan sudah ada 2 figur atau tokoh Sumbawa Barat yang datang mengambil formulir dengan sejumlah konstituennya yaitu Kusmayadi , SKM, dan Drs. H. M. Nur Yasin.
” Pada pendaftaran hari pertama ini , sudah ada 2 peserta yang mendaftar, dan itu nanti semuanya akan dilakukan proses verifikasi oleh Tim Tujuh (7) yang dibentuk oleh Partai ” pungkasnya. (K-AS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.