DPU KSB Dapat Kucuran Dana Kompensasi BBM Rp. 60 Milyar

Sumbawa Barat, Kabar NTB – Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa Barat akanĀ  mendapat kucuran dana dari kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp. 60 Milyar dari Pemerintah Pusat .

Dana tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan lanjutan Dermaga Labuhan Lalar berupa GT dan Gudang dermaga yang belum bisa dikerjakan oleh Pemerintah Daerah karena keterbatasan Anggaran Daerah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumbawa Barat , Amir Husain , ST kepada sejumlah awak media.Ia menjelaskan dana kompensasi Bahan Bakar Minyak tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan Dermaga Labuhan Lalar karena memang sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah ke Kementerian Perhubungan RI

” Dana Kompensasi BBM itu akan diperuntukkan untuk pembangunan GT (Groze Tonase) dan Gudang Dermaga ” ungkapnya kemarin diruang kerjanya.

Lebih lanjut Amir sapaan akrab kadis PU ini pembiayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah memang belum sampai ke pembangun GT dan Gudang karena keterbatasan anggaran yang tersedia, sehingga perlu sentuhan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) untuk dapat diakomodir oleh Pemerintah Pusat dan itu pastikan akan rampung melalui Dana APBN tersebut.

” Memang kami bisa pastikan rampung dermaga itu semuanya lewat APBN dan InsyaAllah semua target untuk menyerap anggaran tersebut sudah ada jawaban dari Pemerintah Pusat ” timpalnya.

Disinggung terkait besarnya dana tersebut sehingga ada proses tendernya nanti, apakah dilakukan oleh Pemerintah Daerah atau Pemerintah Pusat ? Dirinya mengakui belum jelas proses tendernya apakah akan diberikan ke Daerah atau tidak, tapi dirinyapun menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat terkait dengan keputusan tersebut.

” Proses tendernya memang belum jelas, tapi kami tetap menerima apapun nantinya menjadi keputusan Pemerintah Pusat, yang Jelas Dana tersebut dapat di raih dulu supaya mamfaatnya bisa dirasakan oleh Masyarakat KSB ” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pembangunan Dermaga Labuhan Lalar sebelumnya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbawa Barat dengan III Tahap, Tahap I pembangunan dermaga tersebut dialokasikan sebesar , Rp. 23 Milyar, Tahap ke II Rp. 10 Milyar dan Tahap Ke III sebesar Rp. 18,2 Milyar. Semua pembiayaan tersebut berasal dari APBD murni Kabupaten Sumbawa Barat. (K-AS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.