Giliran Festival Drum Band Digelar Di KSB

Sumbawa Barat, Kabar NTB. – Setelah bulan Januari digelar Festival Male Darussalam dalam rangka peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, pada bulan Februari ini, Sumbawa Barat kembali akan gelar Festival kali ini Festival Drum Band tingkat regional.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 12 Festival yang akan diselenggarakan selama tahun 2015. Pada Festival Drum Band yang pertama kali digelar rencananya akan mengundang seluruh Sekolah, Dinas instansi, Perguruan Tinggi, Pemerintah Kabupaten yang ada di NTB, dan organisasi kemasyarakatan yang memiliki kelompok Drumband.

Kegiatan yang rencanya terlaksana pada akhir bulan Februari ini akan terselenggara selama 4 (empat) hari dan berpusat di Kecamatan Taliwang Ibukota Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Budaya Pemuda Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat, Drs. Mukhlis.,M.Si menerangkan bahwa, saat ini pihaknya selaku leading sector penyelenggara kegiatan telah mempersiapkan kerangka kegiatan dan selanjutnya akan didistribusikan ke Seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi NTB.

“ Saat ini tim akan segera bergerak ke seluruh Kabupaten/Kota yang ada di NTB. Insya Allah kami sudah membagi 2 (dua) tim yang terdiri dari tim Pulau Sumbawa dan tim Pulau Lombok. Kedua Tim akan segera bergerak mendatangi setiap pemerintah daerah untuk dapat memastikan kehadiran dan partisifasi dalam kegiatan itu. Intinya dalam kegiatan ini kami harus jemput bola, karena di samping ini sebagai bentuk komunikasi intens yang akan kami bangun, kami juga harus menjelaskan beberapa hal terkait kegiatan agar mereka bisa ikut dalam kegiatan,” ungkap Mukhlis.

Sementara itu, disinggung masalah sumber anggaran kegiatan, ia menyatakan kegiatan itu adalah kegiatan Pemkab Sumbawa Barat yang ditangani oleh Panitia Pelaksana 12 Event KSB tahun 2015 yang oleh Bupati menunjuk Dinas Dikbudpora sebagai pelaksana teknis kegiatan.

“ Sumber pembiayaannya tidak tertera dalam DPA Dinas Dikbudpora Tahun Anggaran 2015, tetapi kami tetap berkoordinasi dengan Bapak Bupati dan Panitia induk terkait pembiayaan pelaksanaan kegiatan, dan termasuk juga kami berupaya mencari support anggaran dari pihak-pihak lain yang tidak mengikat guna mendukung terselenggaranya kegiatan,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Panitia 12 Event KSB tahun 2015 Roy Marhandra menjelaskan, event yang kedua ini adalah event yang telah digagas dan akan diselenggarakan pada akhir Februari nanti adalah sebagai bentuk penjaringan keinginan para guru, Kepala Sekolah dan bahkan para siswa sendiri.

Menurutnya, Jika di kalkulasikan sudah terdapat puluhan group drum band yang ada di Di Kabupaten Sumbawa Barat, terutama yang ada di TK/PAUD, SD,SMP,SMA/Sederajat dan perguruan tinggi.

“ Jadi konsep mengundang partisipasi group Drumband yang ada di Kabupaten/Kota di NTB adalah upaya selain untuk membangun kreatifitas para group drumband dalam kompetisi, ini juga sebagai upaya untuk mengajak masyarakat dari luar KSB untuk datang berkunjung ke KSB dan datang melihat KSB, dengan harapan aka nada multiplayer effect yang akan muncul dari pelaksanaan kegiatan tersebut,” jelas Roy.

Roy menambahkan, pada puncak pelaksanaan Kegiatan Festival Drumband tersebut, bersamaan dengan itu akan dibuka kegiatan Festival bau Nyale yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sekongkang pada bulan Maret mendatang, Festival Bekelewang dan Permata Nusantara yang akan dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Darussalam, dan pembukaan di awalinya Festival Bunga Sumbawa Barat.

“ Dari kesemua penyelenggaraan Festival tersebut, ruhnya adalah partisipasi masyarakat, dengan harapan kesuksesan dari keseluruhan penyelenggaraan festival tersebut adalah kesusksesan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat,” tandas Roy. (K-AS)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.