Prinsip Keadilan Pembangunan, Smelter Diharapkan Dibangun Di KSB

Sumbawa Barat, KabarNTB – Pembangunan smelter untuk keperluan pengolahan dan pemurnian konsentrat PT. Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) kembali disuarakan untuk dibangun di Sumbawa Barat.

Kali ini politisi asal Partai Nasdem, Moel Tiyardi menyuarakan hal ini, menurutnya Sumbawa Barat punya potensi yang sangat berlimpah jika dikelola dengan baik dan benar. Potensi tersebut bisa lahir dari industri yang sudah ada yaitu PT. NNT.

“Newmont itu industri tambang raksasa dunia. Dari industri tambang ini sangat bisa melahirkan industri-industri nasional yang baru, dengan satu syarat bahwa pabrik smelter harus dibangun di Sumbawa Barat. Bukan bangunnya di Gresik. Itu saja kuncinya.” ujar Moel Tiyardi kepada media ini.

Dikatakannya, dengan dibangunnya smelter di Sumbawa Barat diharapkan akan lahir pabrik baru semisalnya industri kabel, pupuk dan banyak lagi yang semuanya itu bahan mentahnya dari hasil olahan pabrik smelter.

 

“Banyangkan jika ini bisa terwujud, petani di NTB tidak akan teriak lagi soal kelangkaan pupuk, pendapatan daerah bertambah, lapangan kerja bertambah dan NTB bisa segera keluar dari preingkat 7 besar provinsi termiskin.” tandasnya.

Lebih lanjut Moel Tiyardi mendesak PT NNT untuk segera melakukan upaya ini, menurutnya lagi tidak masuk akal jika tambangnya di Sumbawa Barat tapi pabrik smelternya di Gresik.

 

“ Kalau Newmont nambang di Sumbawa Barat maka pabrik smelternya wajib di Sumbawa Barat. Ini demi keadilan dan pemerataan pembangunan nasional. Jangan hanya Sumbawa Barat dapat dampak buruknya saja tapi mamfaat besarnya dialihkan ke daerah lain,”imbuhnya.

 

Untuk itu ia mengajak dan mengingatkan semua pihak untuk memperjuangkan pembangunan Smelter ini bersama-sama termasuk Bupati Sumbawa Barat, Bupati Sumbawa, dan Gubernur NTB.

 

“ ayo, mari kita berjuang bersama,” demikian Moel Tiyardi.(K-Ir)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.