Bandar Udara Sumbawa Barat Segera Dioperasikan

Sumbawa Barat, Kabar NTB – Bandar Udara Sumbawa Barat yang memiliki landasan runway 820 meter dan berada di Kecamatan Sekongkang dilaporkan akan mulai beroperasi. Pasalnya, seluruh kelengkapan dokumen perijinannya sudah dikantongi oleh Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi Informasi (Dishubkominfo) Sumbawa Barat, Manawari, S. Sos mengungkapkan Bandar Udara yang sekarang berada di Kecamatan Sekongkang sudah mengantongi Ijin dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Udara dengan Nomor register  No : 011/RBU-DBU/III/2015 tertanggal 30 Maret 2015 lalu dan sudah ditanda tangan langsung oleh Dirjen,

” Syukur Alhamdulilah Bandar Udara sekongkang sudah diterbitkan ijin bulan kemarin dan kami langsung melakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan maskapai penerbangan ” ungkapnya.
Dijelaskannya, terbitnya Ijin tersebut maka akan langsung dapat beroperasi meski hanya pesawat yang berkapasitas rendah dengan jumlah penumpang dibawah 30 orang dengan status Penggunaan  Umum – Domestik dan penyelengaranya UPTD Bandar Udara Sekongkang.

Pihaknya optimis dengan keberadaan bandara tersebut banyak hal yang dapat dilakukan untuk menopang perekonomian yang ada di daerah ini.

” Kita sudah membangun komunikasi dengan Pihak PT. Asi Puji Astuti yang merupakan maskapai penerbangan Susi Air dan itu akan langsung dilakukan penanda tanganan Momerandum Of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah saat uji coba nanti ” jelasnya.

Lebih jauh Manawari mengatakan dalam waktu dekat ini kan dilakukan uji coba yang akan dilakukan pada bulan Mei mendatang. Dalam uji coba tersebut akan dihadiri oleh management perusahaan Susi Air. Saat ini, Pihaknya sudah mengajukan Rute penerbangan kepada pihak maskapai Susi air dengan rute Sekongkang – Bandar Internasional Lombok. (BIL) – dan Sekongkang – Denpasar.

” Rute itu sudah kami ajukan ke pihak management Susi air dan kemungkinan rute tersebut akan digunakan dalam penerbangan nantinya ” tandasnya.

Untuk rute susi air saat ini masih berada di Waingapu dan menetap disana . pihaknya meminta untuk penambahan rute dari  Waingapo-Labuhan bajo – Bima- sekongkang-Mataram- Denpasar, rute tersebut sudah diajukan ke pihak perusahaan.

” Itu rencana rute yang akan dilalui oleh maskapai penerbangan susi air dan Insya Allah rute tersebut dapat disetujui ” timpalnya.

Diakuinya, selain Maskapai Susi Air pihaknya juga telah ditawarkan oleh PT Turangga tapi sejauh ini hanya susi air yang sudah final. Keberadaan Bandar Udara Sumbawa Barat tersebut lanjutnya, nantinya dapat memberikan multiflayer efect dalam membangun daerah ini , dimulai terserapnya tenaga kerja sampai pada kebutuhan – kebutuhan lainya yang akan mampu menopang perekonomian di Sumbawa Barat.

” Kami optimis keberadaan bandar udara tersebut dapat menopang perekonomian di daerah ini ” pungkasnya. (K-AS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.