Gubernur NTB Apresiasi Kegiatan TNI Di Daerah

Mataram, KabarNTB – Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi sangat mengapresiasi kehadiran TNI yang berkegiatan di daerah. Menurut gubernur, hal itu akan mendorong percepatan pembangunan daerah yang menjadi muara suksesnya agenda rencana pembangunan nasional.

Selain itu, kehadiran TNI di daerah juga akan semakin memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat. Kehadiran TNI, kata gubernur, akan sangat berkontribusi untuk menyukseskan program nasional yang dilaksanakan di daerah.

“Ketika program nasional diharapkan dapat berhasil dengan baik, maka seluruh elemen dan segala sumber daya nasional harus berperan. Dalam hal ini, tidak dapat dipungkiri bahwa TNI merupakan salah satu elemen pokok dari sumber daya nasional yang kita andalkan,” kata gubernur pada acara bertajuk Ceramah Kebangsaan yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Gedung Graha Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur NTB, Kamis (7/5).

Apresiasi itu disampaikan gubernur, atas peran aktif TNI yang dinilai terus mendukung pembangunan di NTB. Seperti, kesepakatan kerjasama antara TNI dengan Pemerintah Provinsi NTB terkait program percepatan penanggulangan kemiskinan dan upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Selain itu, Gubernur NTB yang akrab disapa TGB ini juga menyampaikan apresiasi atas digelarnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-94 Tahun 2015, yang dipusatkan di Kabupaten Lombok Barat dan Sumbawa Barat.

Pada saat itu,  gubernur menambahkan, dengan sistem pemerintahan yang bersifat otonomi maka berbagai hal dimungkinkan dapat terjadi di daerah. Berbagai hal itu diantaranya penyemaian bibit-bibit pimpinan di daerah yang diikuti gagasan-gagasan partisipatif dari masyarakat.

Meski begitu, gubernur mengakui otonomi daerah akan menghadirkan banyak tantangan dan sisi lain yang harus bisa disikapi dengan baik. “Dengan adanya keleluasaan untuk menyemai bibit pimpinan di daerah, maka jangan sampai tercipta raja-raja kecil yang  menguasai daerah,” ujar gubernur.

Untuk itu, ia berharap semua proses pembangunan baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional dapat berjalan lancar. Daerah diharapkan juga dipimpin oleh pemimpin-pemimpin yang baik.

Khusus kepada TNI, gubernur berharap dapat lebih intensif berkegiatan di daerah. Sebab, kemanunggalan TNI dengan rakyat diyakini gubernur akan mampu menjadi perekat dan meminimalisir munculnya isu-isu sektarian dan primordialisme atau rasa kesukuan yang berlebihan.

Gubernur menegaskan, TNI adalah salah satu elemen pokok dan sumber daya nasional yang sangat berharga dalam pembangunan nasional.

“Pemerintah Provinsi NTB siap melakukan sinergi dengan TNI untuk menghadirkan kesejahteraan dan kebaikan bagi masyarakat NTB,” tutur gubernur menutup sambutan.(ntbprov.go.id)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.