KSB Gelar Festival Burung Berkicau

Sumbawa Barat, KabarNTB – Bupati Sumbawa Barat secara resmi membuka Festival Burung Berkicau Se- Nusra, Bali, dan Jawa yang menempatkan Kabupaten Sumbawa Barat selaku tuan rumah pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Bertempat di halaman Graha Fitrah, para peserta mulai memasuki arena dan menempati teruf peserta mulai dari sejak Pukul 08.00 Wita.

Beberapa peserta diantaranya yang sudah lebih duluan tiba di Kabupaten Sumbawa Barat yaitu dari Bekasi, Madura, dan Rawamangun. Baru menyusul peserta lainnya yaitu dari Pulau Lombok dan Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Sumbawa.

Menurut keterangan Ketua Pelaksana Lomba Burung Berkicau Regional Nusra, Bali dan Jwa, Sudarto Sihombing menjelaskan bahwa, pelaksanaan kegiatan tersebut telah dipersiapkan jauh-jauh hari, dan memang Club Burung (Birts Club) yang ada di KSB sudah sering mengadakan kegiatan lomba burung berkicau yang dilaksanakan di Kecamatan Maluk dan Kecamatan Taliwang setiap bulannya, sehingga karena sering terjalinnya komunikasi antar pecinta burung, penyelenggaraan kegiatan merupakan kerjasama yang baik dari Birts Club yang tergabung dalam Pecinta dan Pelestari Burung Berkicau (PPBB) Kabupaten Sumbawa Barat.

Darto Panggilan akrabnya kemudian menambahkan bahwa  total peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 165 peserta dengan kategori burung yang diperlombakan seperti anis merah, anis kembang, cendet, ciblek, cucak hijau, cucak jenggot, decu, jalak, love birds, kacer, kecial, kenari, dan murai. Juri yang terkibat dalam lomba tersebut adalah juri tingkat Nasional.

“ Untuk menjaga kepercayaan peserta dalam kegiatan perlombaan, kami melibatkan juri Nasional dalam kegiatan tersebut yaitu 4 orang dari Bali (wahid, soni, joko, toyo) dan 2 orang dari pulau Sumbawa (Anto, Mad Joy),” terang Darto.

Sementara itu dalam sambutan Pembina PPBB Sumbawa Barat, Drs Wahyu Sunankalimati menerangkan bahwa, PPBB adalah gabungan dari Birts Club dan organsiasi yang telah ada yaitu Kicau Mania (KM) KSB. Pelaksanaan Lomba Burung Berkicau Regional NTB pernah diadakan 1 kali di Kecamatan Maluk, dan untuk lomba burung berprestasi antar BC di wilayah KSB diadakan sekurang-kurangnya 1 bulan 2 kali dan telah berjalan sekitar 2 tahun. Disampaikan wahyu juga bahwa, saat ini di KSB tercatat ada sebanyak 962 ekor burung peliharaan untuk lomba, dengan berbagai macam jenis burung.

“Dengan keberadaan sejumlah burung tersebut, telah dapat menciptakan lapangan pekerjaan seperti tumbuhnya usaha penjual makanan burung, pengrajin sangkar, dan pengusaha kroto,” ungkap Wahyu

Wahyu pun berharap agar event lomba burung berkicau ini dapat menjadi event tahunan Kabupaten Sumbawa Barat yang outputnya agar dapat menggairahkan pecinta, pelestari, pemerhati burung dan unggas yang ada di KSB, dan tentunya juga akan mendorong tumbuhnya wirausaha baru dalam bidang terkait, ungkap Wahyu, yang juga dikenal sebagai seorang budayawan di KSB.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pelepasan sejumlah burung oleh Bupati Sumbawa Barat, yang di dampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbawa Barat, perwakilan Kapolres Sumbawa Barat,  dan jajaran panitia pelaksana kegiatan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas penyelenggaraan kegiatan yang berskala NAsional tersebut. Kehadiran para tamu dari Luar Kabupaten Sumbawa Barat merupakan catatan penting dalam penyelenggaraan event Lomba burung berkicau Kabupaten Sumbawa Barat.

Bupati menyampaikan bahwa hendaknya kita dapat menumbuhkan rasa cinta dan keindahan dalam diri kita, karena dengan cinta kita dapat menumbuhkan perdamaian dalam kehidupan kita. Dan perlombaan burung ini sebagai wujud rasa untuk menciptakan kedamaian di dalam masyarakat, terang Bupati.

Setelah ceremonial pembukaan, kegiatan selanjutnya diawali dengan perlombaan dengan kategori Kelas Bupati (Murai Batu), dan seterusnya hingga penyelenggaraan kegiatan Lomba tersebut berakhir pada Pukul 15.00 Wita.

Adapaun peserta yang berhasil meraih kemenangan pada event tersebut yaitu: untuk Kelas Bupati (Murai Batu) yang mendapat Juara 1 Ondel-ondel dengan pemilik burung Mulyono dari Kabupaten Bima, Juara 2  Onyet dengan pemilik burung Rudi dari KMS Sumbawa Besar. Sementara untuk Kategori  Kenari berhasil meraih Juara 1 yaitu burung j.rock, dengan nama pemilik yulhadiansyah dari LA Tim Lobar,  juara 2 burung seniper, dengan pemilik akbar dari LA Tim Lombok. Untuk Kategori Lovebirds, Juara 1 berhasil diraih oleh burung oneng, dengan pemilik ayu, dari Golden Voice Sumbawa Besar.

Sementara untuk Kelas PPBB (pecinta dan Pelestari Burung Berkicau) Katagori kecial kombo, untuk Juara 1 berhasil diraih oleh burung Draculla, dengan pemilik fibi dari KMS Sumbawa, juara 2 Hercules, dengan nama pemilik Nova dari KTC BC.

Untuk Kategori anis kembang yang berhasil mendapat juara 1 yaitu burung Bejo, dengan pemilik ardi dari TMBC Taliwang, juara 2 burung Napoleon, pemilik edi iswanto dari SMBC Maluk. Untuk Kategori Anis merah yang berhasil mendapat juara 1 burung hercules, dengan pemilik naya, dari Taliwang dan Juara 2, burung win, dengan pemilik mulyono dari Bima. Sedangkan Kategori Cendet yang berhasil mendapat juara 1 buurung guntur, dengan pemilik marjuni dari KMS Sumbawa.

Untuk Kategori Kacer yang berhasil mendapat juara 1 yaitu burung master, dengan pemilik Rudi, dari KMS Sumbawa. Untuk Kategori Cucak ijo yang berhasil mendapat juara 1 burung Bagong, dengan pemilik made wira, juara 2  burung ribut, dengan pemilik darno, dari KMS Sumbawa, dan juara 3 burung Burney dengan pemilik edi iswanto.

Sementara untuk Kategori muray yang berhasil mendapat juara  yaitu burung mayor dari Kabupaten Bima. Untuk Kategori Kacer yang berhasil meraih juara  yaitu burung Master dengan pemilik rudi. Untuk Kategori kenari yang berhasil mendapat juara 1, yaitu burung J-rock, dengan pemilik Yul dari LA Mataram, juara 2 burung Ryland, dengan pemilik made wira dari golden voice Sumbawa. Untuk Kategori Lovebird yang berhasil menjadi pemenang burung pasha dengan pemilik hardi asal praya.

Kecial kombo KTC, berhasil diraih oleh burung cuex dengan pemilik ifan dari Sumbawa. Anis Kembang KTC berhasil diraih oleh burung bejo dengan pemilik ardi asal TMBC Taliwang. Cendet KTC berhasil diraih oleh burung Guntur dengan pemilik marjuni asal KMS Sumbawa. Kacer KTC berhasil diraih oleh burung Raden, dengan pemilik Noval dari TMBC taliwang, dan untuk Kategori Cucok ijo KTC, berhasil mendapat juara 1 burung Bondan dengan pemilik Eka dari KMS Sumbawa, dan juara 2 berhasil diraih oleh burung Bonex dengan pemilik Edi dari Bima.

(Kontributor : Roy Marhandra)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.