NTB Kembali Raih Penghargaan MDGs

Mataram, KabarNTB – Pemerintah Provinsi NTB berhasil meraih dua penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam pencapaian sasaran MDGs (Millennium Development Goals) tahun 2015. Penghargaan serupa juga pernah diraih Provinsi NTB di tahun 2013 dan 2014.

Kali ini, Provinsi NTB mendapatkan predikat sebagai Provinsi Terbaik I Kategori Laju Pencapaian MDGs Terbaik selama Tahun 2012-2014, dan Provinsi Terbaik III Kategori Pencapaian Indikator MDGs Terbanyak selama Tahun 2012-2014.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB Drs. Fathul Gani, SH, MSi mengatakan, penghargaan MDGS 2015 diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Andrinof A Chaniago kepada Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi.

Selain Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara di Provinsi NTB juga menerima penghargaan dari Bappenas atas prestasi keberhasilan menyusun dokumen perencanaan pembangunan yang dinilai berkualitas.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara diberikan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2015, sebagai juara Harapan I kategori kabupaten/kota. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Syamsu pada perhelatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2015, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (29/4) pagi.

Penyerahan penghargaan juga disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Turut hadir waktu itu, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, para gubernur dan para bupati/walikota dari seluruh Indonesia. Musrenbangnas tahun 2015 ini bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2016. Sedangkan tema yang diusung adalah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meletakkan fondasi pembangunan yang berkualitas.

Kepala Bappenas Andrinof A Chaniago menyampaikan, penyelenggaraan Musrenbangnas ini merupakan puncak dari proses perencanaan pembangunan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Ini dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi. Dan untuk usulan program atau kegiatan dari hasil musrenbang di tingkat provinsi, kemudian diselaraskan dan disinergikan dengan program kementerian/lembaga di tingkat pusat pada forum pra-musrenbangnas. Khususnya, terkait program prioritas nasional,”  terangnya.

Oleh karena itu, melihat panjangnya proses perencanaan ini, Andrianof Chaniago meminta seluruh jajaran pemerintah di daerah dapat menindaklanjuti hasil kesepakatan Musrenbangnas sebagai bahan penyempurnaan dalam penyusunan program kegiatan RKPD dan penyusunan RAPBD tahun 2016.

Sumber Berita: www.teraskreasi.com

http://www.ntbprov.go.id/berita-ntb-kembali-raih-penghargaan-mdgs.html#ixzz3YxnqeqZy

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.