Kodim Bantu Bulog Serap Gabah

Sumbawa, KabarNTB – Dandim Sumbawa menyampaikan bahwa pihaknya membantu Bulog dalam penyerapan gabah dari petani. Target bulog mencapai 35 ribu ton, maka dari itu petani dihimbau agar menyerahkan gabah atau berasnya untuk dijual kepada Bulog melalui rekanan yang ada.

Dari 100.000 ton gabah yang diserap di NTB secara keseluruhan, Sumbawa sesuai target 35 ribu ton dan sudah terserap sebanyak 33 ribu ton. Artinya masih ada kekurangan sekitar 2 ribuan ton.

“Kemarin kita sudah punya data, para pengusaha yang modal kecil, sedang maupun menengah, ada gak yang tidak tercantum? Itu yang saya tanyakan, ternyata banyak yang bingung bahwa kok lengkap sekali datanya Kodim,” ungkap Dandim.

Jika pengusaha imbuhnya, membantu pemerintah maka  secara otomatis akan menjual gabah atau berasnya kepada bulog. Apalagi sekarang sudah ada instruksi baru dari pemerintah pusat, kemungkinan besar bahwa pengusaha hanya diperbolehkan membeli beras dari petani. Sementara gabah atau beras yang membeli adalah Bulog.

Kalau ke depan pengusaha masih membeli gabah maka aparat territorial akan menindaknya. Dalam hal ini TNI AD tidak akan main-main karena menyangkut kebutuhan bersama.

“Kalau ketahanan pangan ini tidak berhasil maka akan berdampak pada ketahanan Nasional. Kalau ketahanan nasional terancam maka akan berhadapan dengan TNI. Ada kaitannya semua itu, karena itu ketahanan pangan. Ketahanan pangan sukses otomatis ketahanan Nasional akan sukses,” jelas Dandim menyudahi perbincangan. (K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.