Komisi II DPRD KSB Ingatkan SKPD Capai Target Program

Sumbawa Barat, Kabar NTB – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menegaskan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD ) yang bermitra dengan komisi tersebut harus bisa mencapai target yang sudah ditentukan, baik dari sisi serapan anggran maupun dari sisi program yang sudah di canangkan. Ini menyusul adanya beberapa SKPD mitranya yang masih belum maksimal dalam proses realisasi program dan serapan anggarannya.

Ketua Komisi II DPRD KSB, Aheruddin Sidik,SE,M.Si menyatakan pihaknya, akan terus melakukan pantauan dan pengawasan terhadap hal tersebut karena program kerja yang sudah dicanangkan merupakan untuk kepentingan rakyat Sumbawa Barat.

Pihaknyapun mengakui bahwa telah memberikan deadline waktu kepada SKPD yang masih minim capaian program tersebut untuk dapat lebih di tingkatkan hingga September mendatang memasuki triwulan ketiga pada tahun 2015 ini.

“Kami ( DPRD.red ) akan terus memantau perkembangan terhadap progress capaian program , khusunya SKPD yang menjadi mitra kerja kami,ini akan kami lakukan sampai bulan september, sehingga mana capaian program yang belum dilakukan dapat segera dilakukan untuk kepentingan rakyat “ ungkapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan rapat dengar pendapat yang dilakukan oleh pihaknya dengan SKPD mitra kerjanya beberapa waktu lalu, menjadi kendala dalam minimnya capaian program tersebut dikarenakan adanya proyek atau program besar yang di tangani oleh SKPD tersebut yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) maupun yang bersumber dari APBD provinsi,sehingga beberapa program kecil di tempat itu yang bersumber dari APBD II, tidak dapat segera dilaksanakan.

“ Memang ada beberapa Proyek dan  program dari APBN dan APBD yang memang besar, sehingga yang kecil dianggarkan melalui APBD II tidak dapat segera direalisasi oleh SKPD tersebut ,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk itu pihaknya berharap bahwa semua program yang dianggrakan melalui APBD II harus segera direalisasikan, karena itu juga sangat membantu masyarakat dalam mendorong tercapainya kebutuhan – kebutuhan ril yang berskala kecil.

Terealisasinya semua program tersebut juga merupakan wujud dari apa yang menjadi hajat penting pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat ini dalam pengelolaan anggaran maupun program yang sudah dicanangkan melalui proses yang sudah ditentukan.

“ Kalau itu semuanya terealisasi dengan baik tentunya adalah harapan kita bersama, karena semua itu untuk kesejahteraan rakyat dan itu juga menjadi hajat penting pemerintah Daerah “ pungkasnya.

Diakuinya, semua SKPD mitra kerja Komisi yang diketuainya masih mencapai rata-rata 20 persen, untuk itu pihaknya berharap untuk segera direalisasi dan mencapai angka persentase yang tinggi dengan catatan juga harus sesuai dengan kondisi ril yang ada dilapangan, karena percuma juga capaian tinggi tapi tidak dibarengi dengan aktualisasi dari seluruh program tersebut.

“ Kami berharap untuk ada peningkatan persentase dari serapan program yang sudah di canangkan khususnya melalui APBD II, karena rata –rata semuanya belum mencapai 50 porsen dalam capaian realisasi programnya ,” harap politisi asal Kecamatan Seteluk ini. (K-AS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.