Akses dan Operasional PTNNT Kembali Normal

Sumbawa Barat, KabarNTB – Setelah enam hari sejak 19 Oktober melakukan aksi demonstrasi di areal operasional tambang PT. Newmont Nusa Tenggara (PT NNT), akhirnya para pencari kerja yang mengaku tergabung dalam waiting list (daftar tunggu) rekrutment tenaga kerja tahun 2013, diamankan aparat Kepolisian Resort Sumbawa Barat, Sabtu pagi (24/10).

Dengan demikian aksi demonstrasi yang mengakibatkan terhentinya operasional PT NNT dan perusahaan Sub kontraktornya, kembali berjalan normal.

“Kami merasa senang karena akses dan operasional tambang sudah normal kembali setelah para pencari kerja meninggalkan area kerja PTNT dengan aman tanpa terjadi insiden. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, aparat kepolisian, pejabat disnaker KSB, para tokoh masyarakat atas kesabaran, profesionalisme, dan dukungannya selama sepekan ini,” kata General Manager Operations PTNNT, Tony Esplin, salam release yang disampaikan kepada media ini, Sabtu siang (24/10).

Dikatakannya, sejak beroperasi pada tahun 2000, PTNNT telah memberikan kontribusi hampir Rp90 triliun dalam bentuk pembayaran pajak, bea dan pajak,  gaji karyawan, pembelian barang dan jasa dalam negeri, serta deviden yang dibayarkan para pemegang saham nasional.

“Di samping itu, PTNNT telah menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar tambang dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp50 miliar per tahun. PTNNT mempekerjakan 3.600 karyawan dan 3.000 kontraktor pada proyek Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tengga Barat.,”pungkasnya.(K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.