Polling CSR PT NNT Dinilai Sangat Baik

Sumbawa Barat, KabarNTB – Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan PT. Newmont Nusa Tenggara (PT NNT), dinilai sangat baik dalam polling mingguan yang digelar Media Kabar belum lama ini.

Dalam polling ini memang koresponden yang terlibat minim namun hal ini perlu dicermati, pentingnya CSR perusahaan sebagaimana diatur pemerintah, sesuai amanat Undang Undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT), serta Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang tanggung jawab social dan lingkungan perseroan terbatas.

Menurut pasal 1 angka 3 UUPT, tanggung jawab social dan lingkungan adalah komitmen persereon untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Sementara pasal 74 UUPT dijelaskan, CSR ini wajib untuk perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam, kemudian kewajiban persereoan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaanya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Mengenai sanksi dalam UUPT ini, dikatakan bahwa perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban CSR akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang terkait.

Adapun tentang CSR PT NNT selama ini, menurut Ruslan Ahmad, General Supervisor Site Communicatioan PT NNT, anggaran dana CSR yang dikeluarkan rata rata tiap tahun kurang lebih 5 juta US Dollar.

“Fokus program pada pendidikan, kesehatan, pertanian, agroindustri dan social kemasyarakatan,” terang Ruslan Ahmad.

Dikatakan Ruslan lagi, sejak PT NNT beroperasi jumlah dana CSR yang telah dikeluarkan sekitar 153 juta US Dollar.Sedangkan kontribusi total termasuk pajak, non pajak, royalty, pembeliaan barang dan jasa, deviden serta gaji karyawan kurun waktu tahun 2000 – 2014, menurut data perusahaan dikatakan Ruslan, yakni sebesar 9,4 miliar US dollar atau 94 Triliun (Jika kurs rata-rata Rp. 10.000,-).

Terkait CSR PT NNT ini, setiap tahun juga dilakukan penelitian oleh lembaga PPLH Universitas Mataram yang dimotori Dr.Prayitno Basuki, terutama berkaitan dengan dampak ekonomi social dan masyarakat, hasilnyapun dinilai positif.(K-1)

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.