KPU Resmi Tetapkan F3 Pemenang Pilkada KSB

Sumbawa Barat, KabarNTB – KPU Kab. Sumbawa Barat, resmi menetapkan pasangan F3 (Dr.Ir.H.W. Musyafirin, MM – Fud Syaifuddin, ST) sebagai pemenang Pilkada Sumbawa Barat 2015.Keputusan ini diambil KPU dalam rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada 2015, yang berlangsung di Hotel Grand Royal Taliwang, siang tadi (22/12).

Sejumlah pejabat Sumbawa Barat, pimpinan SKPD, pimpinan Partai Politik, Panwas, PPK, Toma dan Toga, hadir dalam rapat pleno ini.Namun sayangnya, dua paslon peserta Pilkada lainnya tidak hadir dalam rapat pleno yang merupakan agenda terakhir KPU KSB ini.

Dikonfirmasi media terkait ketidak hadiran paslon lainnya, komisioner KPU KSB, Fahroni, SH mengaku, pihaknya telah mengundang semua paslon untuk hadir dalam penetapan tersebut.

“ Yang jelas semua paslon kita undang, namun mungkin saja beliau-beliau berhalangan karena kesibukan masing masing,”ujar Fahroni.

Pasca penetapan pemenang Pilkada, selanjutnya dikatakan Fahroni, KPU akan mengusulkan pelantikan terhadap pasangan pemenang.

“ Suratnya sudah selesai kami buat, tinggal kami sampaikan kepada DPRD KSB, untuk seterusnya diusulkan ke Mendagri,” terang Fahroni lagi.

Menyinggung jadwal pelantikan, seperti diberitakan sebelumnya, Fahroni mengatakan berdasarkan UU No. 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat 3 menyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Dan pasal 160 ayat 4 menyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan oleh Menteri dalam waktu paling lama dua puluh hari terhitung sejak tanggal usul dan berkas diterima secara lengkap.

“ Yang jelas tugas kami hanya sampai penetapan pemenang dan pengusulan pelantikan, masalah waktu dan tempat selebihnya menjadi wewenang Mendagri, namun kami dengar info mendagri melalui Media sepertinya bulan Juni,”demikian kata fahroni,SH.(K-I)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.