Besok Siang KPU Tetapkan Pemenang Pilkada KSB

Sumbawa Barat, KabarNTB – KPU Kab. Sumbawa Barat sesuai jadwal tahapan Pemilihan Kepala Daerah, besok, Selasa (22/12) akan menetapkan Pasangan Calon pemenang dalam Pilkada KSB 2015.

Menurut rencana rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada KSB ini, akan berlangsung di Hotel Grand Royal Taliwang.

“ Rapat Pleno ini akan dimulai Pukul 2 siang, yang akan dihadiri semua pasangan calon,”terang Fahroni, SH, komisioner KPU KSB kepada media ini, senin (21/12).

Selain Paslon, menurut Fahroni rapat pleno nantinya juga akan dihadiri, pimpinan Partai Politik, Panwas, PPK, pimpinan SKPD, Toga dan Toma, dan juga insane pers yang akan meliput langsung.

Menyinggung tentang jadwal pelantikan Paslon terpilih, Fahroni menegaskan, sesuai aturan setelah penetapan calon terpiliih, KPU akan segera mengusulkan untuk dilantik.

Masalah kapan kepastian pelantikan tersebut, ia belum dapat memastikan.Namun menurutnya, berdasarkan UU No. 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat 3 menyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Dan pasal 160 ayat 4 menyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan oleh Menteri dalam waktu paling lama dua puluh hari terhitung sejak tanggal usul dan berkas diterima secara lengkap.

“ Yang jelas kami hanya mengusulkan pelantikan, setelah itu menjadi wewenang Mendagri, namun ada kabar bahwa Mendagri juga akan menajdwalkan pelantikan bulan Juni, tapi mungkin itu juga yang ada masalah dengan proses gugatan di MK,”katanya.

Adapun pemenang Pilkada KSB, sesuai hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada KSB 2015 oleh KPU yang berlangsung 18 Desember lalu, pasangan F3 (Dr.Ir H. W Musyafirin, MM- Fud Syaifuddin, ST) unggul atas rivalnya, paslon nomor urut 3 ini, mengungguli Paslon nomor urut 2 Nurmas (Drs.H.M.Nur Yasin-Masra Jayadi, SE) diurutan kedua dalam perolehan suara, sedangkan Paslon Mapan (Drs.H.Mala Rahman – Iwan Panjidinata, SE) nomor urut 1 berada diurutan ketiga dalam perolehan suara.(K-I)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.