Husni-Mo’Resmi Pemenang Pilkada Sumbawa

Sumbawa, KabarNTB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa, secara resmi menyatakan hasil Pilkada Sumbawa dengan pemenang pasangan nomor urut 3, Husni Jibril dan Mahmud Abdullah (Husni-Mo’). Pengumuman tersebut disampaikan berdasarkan hasil rekapitulasi suara di Rapat Pleno Terbuka di aula Hotel Sernu Raya, Rabu (16/12/2015).

Secara keseluruhan, perolehan suara masing-masing pasangan calon setelah ditetapkan sebagai berikut; pasangan Jack Morsa H Abdullah-Irwan Rahadi memperoleh 41.602 suara, pasangan A Saat Abdullah-Chandra Wijaya Rayes memperoleh sebanyak 86.359 suara, dan pemenangnya pasangan Husni Jibril-Mahmud Abdullah dengan raihan suara sebanyak 117.458 suara.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, menyampaikan, seluruh pasangan calon melalui saksi yang hadir menerima hasil rekapitulasi suara. Agenda selanjutnya, 21 Desember, KPU akan menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan calon terpilih.

Syukri menyinggung dalam Pilkada kali ini masyarakat yang menggunakan hak pilihnya cenderung meningkat mencapai 75,70 persen dari jumlah pemilih dalam Pilpres. Tapi pihaknya mengaku tidak dapat memaksa orang untuk menggunakan hak pilihnya.

Namun demikian, jajaran KPU hingga ke tingkat PPS telah mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, tim pemenangan pasangan calon juga secara aktif melalui kampanye maupun forum lain mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya.

“Bayangkan mereka kampanye 101 hari, berbicara dengan masyarakat dalam pertemuan tatap muka dan pertemuan terbatas. Belum lagi debat kandidat sebanyak tiga kali yang dilakukan secara terbuka,” ujar Syukri.

Menurutnya, debat kandidat terbuka tersebut menjadikan Sumbawa sebagai Kabupaten yang satu-satunya menggelar debat terbuka dan berlangsung aman. “Saya kira itu prestasi yang luar biasa,” kata Syukri.

Menyinggung tidak hadirnya pasangan calon nomor urut 2 dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara tingkat Kabupaten, Ketua KPU mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui karena tidak ada konfirmasi. Namun yang pasti, KPU sudah mengundang.

Tapi Syukri mengapresiasi apa yang disampaikan Saat Abdullah dalam sejumlah media massa yang berstatement dengan sangat arif.

“Atas nama penyelenggara Pilkada, kami menyampaikan apresiasi kepada pak Saat Abdullah. Begitu juga dengan pak Jack Morsa yang telah memberikan ucapan selamat pertama kali untuk pemenang,” tambah Syukri.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajarannya hingga tingkat bawah, seluruh tim pasangan calon, Panwaslu, TNI/Polri dan Pemda yang memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada para PPK dan PPS.

Syukri menilai, bahwa Pilkada ‘Maras’ yang diniatkan terjadi di Pilkada Sumbawa benar-benar terjadi dengan sangat dinamis. (K-K)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.