Waw ..Polisi Pungut Sampah Pendemo

Sumbawa Barat, KabarNTB – Polisi menjaga keamanan itu hal biasa, sudah menjadi tugas dan tanggung jawabmya, namun ada satu hal menarik perhatian, Senin (14/12) lalu, saat usai aksi demonstrasi yang menuntut dituntaskannya pelanggaran Pilkada KSB di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumbawa Barat yang melibatkan ribuan massa simpatisan salah satu paslon, terlihat para polisi setelah menjaga keamanan, membersihkan sampah bekas para pendemo yang berserakan di jalan.

Mungkin yang dilakukan para penegak hukum itu sesuatu yang sederhana, namun secara moral itu tampak luar biasa karena membersihkan sampah bekas para pendemo bukanlah tugas polisi tapi tetap mau dilakukannya.

Kapolres KSB melalui Kasubag Humas Iptu Hofni saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hal yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan inisiatif dari Kapolres sendiri, karena melihat sampah-sampah plastik yang beserakan memenuhi jalan usai demonstrasi tersebut.

“Ini adalah salah satu bentuk polisi sebagai pelopor revolusi mental” ungkapnya.

Meskipun itu bukan bagian dari tugas polisi, namun dia berharap untuk masyarakat dapat mencontoh hal itu.

“Demonstrasi kan tujuannya untuk memajukan Kabupaten ini, ya kita sudah selayaknya memulai dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Itu juga merupakan bagian dari tanggung jawab terhadap KSB tercinta” jelasnya.

Menurut pengamatan ternyata hal mulia itu tidak hanya dilakukan oleh anggota yang berpangkat Brigadir, namun para Perwira mereka juga ikut turun tangan membersihkan sampah-sampah yang berserakan tersebut.

Ternyata juga tidak hanya polisi pungut sampah pemandangan unik yang terlihat saat pengamanan demonstrasi kemarin.

Anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang memang bersekolah dekat dengan kantor KPUD dan Panwaslu KSB takut untuk pulang karena melihat jumlah massa pendemo yang cukup besar.

Disana terlihat seorang polisi sedang  mengantar dua orang anak SD berseragam putih merah melewati kerumunan massa pendemo untuk dapat pulang ke rumahnya.

Demonstrasi yang berakhir sekitar pukul 13.00 wita itu berlangsung kondusif setelah Ketua KPUD KSB  mengamini tuntutan mereka.(K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.