Asean University Youth Summit Di Sumbawa Resmi Dibuka

Sumbawa, KabarNTB – Asean University Youth Summit (AUYS) atau Konferensi Mahasiswa se ASEAN tahun 2016, Senin (25/01/2016) secara resmi dibuka. Pembukaan kegiatan yang dipusatkan di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa tersebut oleh Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin.

Sebelum Wagub NTB menekan tombol dibukanya tirai AUYS, Plh Bupati Sumbawa yang dijabat Sekda, Drs. Rasyidi, mengatakan, memasuki komunitas economy asean (MEA) di awal tahun 2016 yang akan menjadi babak baru bagi perkembangan perekonomian negara-negara khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut sekaligus memberikan harapan akan prospek dan peluang bagi kerjasama ekonomi antar kawasan dalam skala yang lebih luas.

“Saya berharap kita semua khususnya asean dapat menjalin suatu kerjasama yang saling menguntungkan yang didasarkan pada potensi yang dimiliki. Bentuk kerjasama tersebut dapat berupa penanaman modal, perdagangan maupun kerjasama bidang pendidikan dan kebudayaan,” ungkapnya

Wagub NTB, Muhammad Amin, menyampaikan, atas nama Pemda dan seluruh mayarakat NTB mengucapkan selamat datang di Bumi NTB, daerah yang terkenal keindahan alamnya dan anek budaya yang unik.

“Semoga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Asean University Youth Summit (AUYS) dengan baik,” kata Wagub.

Secara khusus ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada UTS sebagai refresentasi dari kemajuan NTB yang telah bertindak sebagai panitia dan memungkinkan acara ini terselenggara sebagai bukti kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan upaya membangun masyarakat ekonomi ASEAN yang bersatu dalam tujuan yang sama. Yaitu membangun ASEAN menjadi kawasan regional yang kuat dan bermartabat.

Komunitas ASEAN dibentuk untuk lebih mempererat integrasi ASEAN dalam menghadapi perkembangan konstelasi politik internasional.

Wagub NTB menerangkan, bahwa pentingnya upaya untuk lebih melibatkan masyarakat sehingg tumbuh rasa memiliki kekitaan (weefeling) terhadap ASEAN. ASEAN harus memfokuskan dirinya untuk dapat menjalin meningkatkan kerjasama sehingg yang dapat memberikan manfat langsung bagi masyarakat.

“Dengan menjadi organisasi yang bertumpu dan menjadi milik masyarakat ASEAN atau people centered organization. Karena itulah kita berkumpul disini untuk membangun embrio-embrio kesatuan identitas itu,” terang Wagub.

Rektor UTS, Dr. Arief Budi Witarto,  M.Eng, menyampaikan bahwa dirinya sangat menghargai usaha dan kunjungan para peserta untuk datang ke Sumbawa.

“Sumbawa ini daerah yang masih alami.  Banyak budaya dan objek-ojek wisata yang bisa dikunjungi. Tempat wisata tersebut juga tidak terlalu jauh. Bahkan Pulau Moyo yang terkenal itu bisa ditempuh hanya dalam waktu dua jam. Di Pulau Moyo ada air terjun yang terkenal yang sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Bahkan Putri Diana juga pernah berkunjung ke sana. Pendiri facebook, Mark Zuchkerber, Maria Sarapova. Mantan penjaga gawang MU,  Edwin  van Der Saar juga pernah datang,” paparnya.

Rangkaian acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan selebrasi bendera-bendera Negara para peserta AUYS. Pertunjukan Pantomim dan dibuka secara resmi oleh Wagub NTB, lalu rangkaian pembukaan AUYS ditutup dengan foto bersama para delegasi dosen sejumlah Perguruan Tinggi peserta AUYS 2016. (K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.