Forum Investasi HPN 2016 Diharapkan Percepat Pembangunan NTB

Mataram, KabarNTB – Sembilan belas duta besar dan perwakilan negara sahabat akan hadir dalam Investment Forum (Forum Investasi) yang diselenggarakan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8 Februari 2016. Dengan cara ini, Investment Forum yang baru pertama kali diadakan dalam HPN dapat mempertemukan langsung antara calon investor dengan pemerintah daerah setempat.

Demikian penjelasan Panitia Pusat HPN 2016 yang disampaikan Ketua HPN 2016 Teguh Santosa, Koordinator Bidang Tamu-tamu Asing Bob Iskandar dan Koordinator Investment Forum HPN 2016 AM Putut Prabantoro dalam jumpa pers di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Jakarta, Senin (25/1).

Teguh Santosa menjelaskan, Forum Investasi seperti ini diharapkan mempercepat pembangunan daerah-daerah karena mempertemukan pemerintah daerah dengan pihak investor dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, bekerja sama dengan pemerintah Nusa Tenggara Barat, diharapkan Forum Investasi ini berlangsung dengan baik mengingat para pembuat kebijakan (policy maker) dan pembuat opini (opinion maker) hadir dalam Forum Investasi ini.

HPN akan diadakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mandalika, yang dipayungi oleh Peraturan Presiden. Forum ini merupakan sumbangsih insan pers kepada Provinsi NTB, yang dengan kerelaan hati dan persiapan yang matang bersedia menjadi tuan rumah HPN 2016. Dengan forum ini, HPN berharap dapat membantu menyelesaikan hambatan pembangunan yang ada di daerah dengan mempertemukan pemerintah daerah dan para investor baik dalam negeri ataupun luar negeri.

MenurutĀ  Bob Iskandar dutabesar yang akan hadir adalah dari Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Laos, Portugal, Prancis, Australia, Jepang, Ukraina, Hungaria, Jerman, Italia, Pakistan, Amerika Serikat, Qatar, Yordania, Sekjen Asean dan Finlandia. Selain itu, Menteri Komunikasi dan Multimedia Kerajaan Malaysia, dijelaskan lebih lanjut, juga akan hadir dalam Investment Forum tersebut.

Selain hadir dalam kegiatan bergengsi tersebut, para Dubes juga akan meninjau obyek pariwisata di NTB dan sekaligus mengikuti puncak acara HPN pada 9 Februari yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, oleh Putut Prabantoro dijelaskan, mengingat yang hadir adalah para duta besar, penyelenggaraan Investment Forum akan melibatkan berbagai instansi untuk standar prosedur (protokoler) diplomat, termasuk di dalamnya adalah Kementerian Luar Negeri.

“Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan kegiatan ini akan menggunakan Inggris sebagai bahasa komunikasi dan akan dipandu oleh Kornelius Purba, Senior Managing Editor dari The Jakarta Post dan bertempat di Pendopo Gubernuran Provinsi NTB,” ujar Putut Prabantoro.

Investasi yang ditawarkan antara lain, KEK di Mandalika dibawah payung Peraturan Presiden, BIL (Bandar Internasional Lombok) butuh perpanjangan Runway dari 2.750 meter menjadi 3.000 meter dan kelengkapannya, KEK Global Hub dengan lahan kosong 10.000 ha, dilalui oleh ALKI-2 dengan laut yang mampu menerima kapal masa depan di atas 300 ribu DWT dan Bandar Kayangan-Kota Bandar Dunia Lombok Utara yakni merupakan Pusat Logistik, Industri dan Perdagangan Internasional.(K-1)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.