IBI Sumbawa Tingkatkan Derajat Kesehatan Ibu

Sumbawa, KabarNTB – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sumbawa melalui berbagai program kerjanya yang terintegrasi, bertekad untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu. Peningkatan derajat kesehatan ibu tersebut diikuti dengan menurunkan angka kematian dan bayi atau balita.

Demikian disampaikan Ketua IBI Cabang Sumbawa, Hj. Ummi Kalsum, ditemui di sela-sela kegiatannya, Selasa (19/01/2016).

Seiring dengan tekad tersebut tutur Ka UPT Puskesmas Moyo Hulu tersebut, bahwa pihaknya juga akan mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para anggotanya. Kemudian akan membuka program D4 Kebidanan. Adapun program lainnya dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggota maupun pembinaan secara etika.

Menjawab tantangan Millenium Development Golds (MDGs), IBI Sumbawa tegas Ummi Kalsum, pada dasarnya para bidan PNS, PTT dan sukarela sudah cukup mampu. Caranya dengan meningkatkan kapasitas melalui forum kala karya. Melalui kala karya tersebut IBI mampu mencapai tujuannya.

Sejauh ini, anggota IBI telah mencapai 760 orang terdiri dari para bidan PNS, PTT dan Sukarela yang bekerja di Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya.

Kendati begitu, Ketua IBI Sumbawa sadar bahwa masih ada hal-hal negative yang melibatkan anggotanya. Seperti kasus seorang bidan yang tertangkap polisi membawa narkoba jenis sabu maupun kasus lain yang terjadi beberapa tahun lalu.

Menurut Ummi Kalsum, pihaknya telah memberikan pembinaan bagi mereka melalui bidang pembinaan dan hukum. Jika terjadi sebuah kasus, maka segera akan ditangani, ditelusuri dan disikapi apakah hal tersebut benar. “Jika memang benar maka akan segera kita sikapi,” kata Ummi Kalsum. (k-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.