Mendagri: Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Tetap Bertahap

Jakarta, KabarNTB – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan pasangan calon (paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih bakal berlangsung bertahap. Untuk paslon tanpa sengketa hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK) direncanakan berlangsung Februari 2016.

“Minimal terdapat 61 bupati/wali kota dan dua gubernur yakni Gubernur Jambi dan Gubernur Kalimantan Selatan. Ini yang tanpa sengketa hasil di MK dapat dilantik Februari. Belum tahu tanggal persisnya,” kata Tjahjo seperti dikutip Kemendagri.go.id dari beritasatu.com di Jakarta, Rabu (27/1).

Dia menambahkan, paslon terpilih tanpa persidangan lanjutan di MK juga berpeluang diikutkan dalam pelantikan Februari. Artinya, meski terdapat sengketa hasil, tetapi MK menolak menindaklanjuti dikarenakan tidak memenuhi persyaratan.

“Yang sengketanya tidak ditindaklanjuti MK, bisa juga dilantik Februari. Kalau menunggu lagi kan lama. Kita cari yang terbaik saja,” imbuhnya.

Sementara pelantikan tahap kedua dijadwalkan Maret 2016. Pelantikan khusus bagi daerah yang akhir masa jabatannya Maret 2016. Sedangkan tahap ketiga direncanakan Juni 2016.

“Yang tahap akhir untuk pelantikan pascaputusan MK dan akhir masa jabatan April sampai Juni 2016,” katanya.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.