Pimpin FPA Gontor, Kyai Zul Undang Tokoh Nasional Dalam Silatnas Gontor

Sumbawa Barat, KabarNTB – Ketua Umum Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor Dr.KH. Zulkifli Muhadli, MM (Kyai Zul) mengungkapkan, Silturahim Nasional (Silatnas) yang akan dihadiri para kiai dan pimpinan pesantren alumni Gontor ini merupakan bagian dari kegiatan besar peringatan 90 tahun Pondok Modern Gontor.

“Waktu Gontor berdiri tahun 1926, tantangannya berat karena situasi ekonomi masyarakat lemah, negara belum ada. Tapi, Gontor jalan terus, kekuatan utamanya keikhlasan para pendirinya, semangat ini yang akan kita gali dalam pertemuan ini,” papar Zulkifli dalam siaran pers, Selasa (19/1).

Silatnas ini juga akan dihadiri beberapa tokoh nasional, antara lain, KH Hasyim Muzadi, Lukman Hakim Saifuddin, Andi Amran Sulaiman, Ferry Mursyidan Baldan, Sofyan Djalil, Rahmat Gobel, Ryamizard Ryachudu, Rano Karno, Zulkifli Muhadli dan Idris Somad.

Selain itu, akan hadir pula Yudi Latif, Yusril Ihza Mahendra, Badrodin Haiti, Basoeoki Hadimoeljono, Din Syamsuddin, Yusuf Mansur, Siti Zuhro, Kamaruddin Amin, Hidayat Nur Wahid, Amal Fathullah, dan sederet tokoh lainnya.

Saat ini, Gontor memiliki 20 pesantren yang tersebar di Indonesia. Sebanyak 13 kampus pondok putra dan tujuh kampus pondok putri. Pondok Modern Darussalam Gontor yang saat ini berdiri di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi memiliki guru dan santri sekitar 25.405 orang.

Selain itu, Gontor juga mengelola Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) dengan jumlah mahasiswa sekitar 2.684 orang. Hingga saat ini, ada 283 pesantren telah terdaftar sebagai Pesantren Alumni Gontor, yaitu pesantren yang dikelola para alumni Gontor, dan beberapa pesantren masih dalam tahap pendataan atau belum mendaftar.

Pondok Gontor berdiri 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Gontor dibangun tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Ketiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fananie, dan KH Imam Zarkasy yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.(K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.