Guru TK Se KSB & Panti Asuhan Baitussakinah Kampanyekan Gerakan Infaq

Sumbawa Barat, KabarNTB – Organisasi Profesi IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan dunia pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Kampanye Gerakan Infaq Sumbawa Barat yang dikemas dalam kegiatan Lomba Mewarnai Anak-anak TK/PAUD se-Kabupaten Sumbawa Barat, yang digelar Sabtu (27/02/16) di lesehan Tanamira Taliwang.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh TK/PAUD yang ada di Taliwang tersebut, melibatkan 400 anak-anak TK/PAUD dari 32 PAUD dan TK yang ada di Taliwang. Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Abdul Azis SH.,MH, Pejabat dari Dinas Dikbudpora Kabupaten Sumbawa Barat, Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Taliwang, Pemgurus IGTKI KSB, dan Panti Asuhan Baitussakinah Sumbawa Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Panti Asuhan Baitussakinah Sumbawa Barat mengusung tema Anak Sumbawa Barat Peduli dan Gemar Berbagi.

Kegatan tersebut berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Wita dan menempatkan 10 besar terbaik dari 400 peserta yang hadir. Pada posisi pertama berhasil diraih oleh Zahira murid dari TK Negeri 2 Taliwang.

Dalam sambutannya, Ketua IGTKI Kabupaten Sumbawa Barat Suarni S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun kecerdasan sosial anak sedari dini.

“Anak-anak harus diajarkan dari sejak kecil tentang konsep berbagi dan peduli terhadap anak yatim piatu, fakir miskin dan anak-anak terlantar khususnya yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga nantinya ketika ia deweasa, kepekaan sosialnya akan semakin tajam dan tentunya ini menjadi hal yang positif dalam rangka membangun generasi bangsa yang berkualitas, “ ungkap Suarni

Suarni kemudian melanjutkan bahwa, kegiatan Kampanye Gerakan Infaq atau Gerakan Ikhlas Berinfaq tersebut akan dilaksanakan di empat lokasi yaitu di Kecamatan Taliwang sebagai lokasi awal pelaksanaan, selanjutnya Jereweh, Maluk, Sekongkang yang dilaksanakan di Kecamatan Maluk, selanjutnya Kecamatan Brang Rea dan Brang Ene, dan di Akhiri di Kecamatan Seteluk dan Poto Tano.

Dilaksanakanya di masing-masing Kecamatan menurut suarni adalah sebagai bentuk pendekatan terhadap misi gerakan.

“Jika dilaksanakan di masing-masiong Kecamatan, maka partisipasinya tinggi dan tentunya Kampanye Gerakan Infaq ini akan dapat tersosialisasi dengan Guru, Murid dan wali murid, “ungkap Suarni

Sementara itu ditempat lain, mewakili Pengurus Panti Asuhan Baitussakinah Sumbawa Barat, Amransyah SAP mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat,i selaku pengurus Panti Asuhan khususnya, dan tentunya anak yatim piatu, fakir miskin dan anak-anak terlantar yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, akan sangat membantu misi kami di Panti Asuhan dalam memberikan pembinaan, pemberdayaan, pelayanan dan pembelajaran kepada anak-anak Panti Asuhan khususnya dan anak-anak miskin yang ada di KAbupaten Sumbawa Barat. Dengan tersosialisasinya Panti Asuhan ini tentunya juga akan mempermudah bagi kami untuk mendapatkan informasi tentang anak-anak yatim piatu, fakir miskin dan anak terlantar yang ada di KSB yang dapat kami jarring dan kami masukkan ke dalam Panti Asuhan untuk kami bina dan kami asuh, memberikan pelayanan terbaik selayaknya anak-anak lainnya yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,” terang Amran

Pada sesi pembukaan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Abdul Azis, SH.,MH ,memberikan dukungan penuh terhadap Gerakan yang dilakukan oleh IGTKI KSB yang bekerjasama dengan Panti Asuhan Baitussakinah Sumbawa Barat.

“Ini hal yang sangat positif dan harus terus menerus didegungkan kepada masyarakat. Anak-anak harus kita biasakan sedari kecil untuk memahami arti pentingnya kepdulian, karena dengan pembelajaran dan pendidikan yang baik maka akan tercipta generasi emas Kabupaten Sumbawa Barat. Termasuk kepekaan sosial sebagai bagian dari pembelajaran yang harus diajarkan kepada murid-murid TK/PAUD. Karena umur mereka sangat cepat menerima asupan pembelajaran, maka harus diisi dengan pembelajaran yang positif, “ kata Abdul Azis.

Setelah menyampaikan sambutan, Sekretaris Daerah bersama pengurus IGTKI dan pengurus Panti Asuhan Baitussakinah memantau aktifitas anak-anak mewarnai. Dengan mengambil konsep alam, anak-anak tersebar di setiap ruang dan sudut yang ada di Lesehan Tana Mira Taliwang. Mereka duduk teratur di atas rumput dan dibawah pohon. Sekda bersama tamu lainnya menyusuri setiap barisan dan kumpulan anak-anak yang sedang melakukan aktifitas mewarnai.(K-1/Roy)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.