Penyaluran KUR Di KSB Tetap Dengan Agunan

Sumbawa Barat, KabarNTB – Pemerintah pusat melalui Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga memastikan jika penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus Micro dibawah Paltform Rp. 25 juta diberikan kemudahan bagi nasabah yakni tanpa agunan.

Pernyataan Puspayoga ini hampir berkali kali disampaikan kepada Media, terakhir Puspayoga menegaskan hal ini seusai seminar dalam rangkaiaan Hari Pers Nasional (HPN) belum lama ini di Hotel Lombok Raya Mataram.

Ungkapan Menteri ternyata hanya pepesan kosong, karena faktanya dua diantara Bank BUMN sebagai penyalur KUR yakni Bank Mandiri dan Bank BNI khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat, tetap memberlakukan agunan sebagai persyaratan..

Kepala Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri Taliwang, Agus Ria Negara beralasan, jika syarat adanya agunan agar para nasabah merasa termotivasi dan tidak mengabaikan tanggung jawab.

“ KUR inikan program Pemerintah biasanya nasabah mengabaikan karena itu kita perlu antisipasi dan para nasabah juga merasa terpacu, sebenarnya sih agunan tidak sebanding dengan nilai kredit itu sendiri, misalnya BPKB motor sudah cukup,” ujar Agus kepada Media Kabar NTB di kantornya, Jum’at ( 12/2/2016).

Hal yang sama juga disampaikan pihak BNI Cabang Sumbawa, sumber BNI yang enggan disebutkan namanya menyatakan, pemberlakuan agunan kredit KUR menurutnya tetap mengacu pada Permenko No. 13 Tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan KUR.

Seremoni penyaluran KUR dilaksanakan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dengan Direktur Utama 3 Bank BUMN penyalur KUR yakni BNI,BRI dan Bank Mandiri di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Resort, NTB, Selasa (9/2/2016), yang disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja RI, dalam rangkaian puncak peringatan Hari Pers Nasional 2016.

Dukungan media dalam membantu penyebaran informasi KUR merupakan katalis bagi pendistribusian KUR kepada pelaku usaha berskala kecil, termasuk informasi tentang suku bunga KUR yang ringan yaitu 9% per tahun, dan syarat yang relative lebih mudah serta proses lebih cepat. (K-1)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.