Bupati Sumbawa Prihatin Masalah Bidan

Sumbawa Besar, KabarNTB – Pertemuan PC IBI Sumbawa dengan Bupati Sumbawa, HM. Husni Jibril, Senin (07/03/2016), memberikan pemahaman baru bagi Bupati Sumbawa, ternyata cukup banyak permasalahan yang dialami organisasi kebidanan tersebut.

Dengan masalah yang ada itu, Bupati mengaku prihatin karena bagaimanapun anggota IBI  yang semuanya Bidan sangat berperan dalam memastikan kesehatan ibu dan anak. Apalagi diketahui masih banyak  Bidan yang berstatus sebagai tenaga sukarela maupun PTT.

“Saya prihatin dengan kondisi ini, sukarela ada 400 lebih, kemudian PTT 157 orang. Ini barang kali menjadi keprihatinan kita semua,” ujar Bupati Sumbawa.

Kaitan dengan status atau kondisi Bidan tersebut, Bupati menyampaikan, memang menjadi tantangan dan kendala yang luar biasa. Hal ini menjadi pikiran karena mereka juga pasti didanai melalui anggaran khusus.

Dalam hal ini honor bagi tenaga sukarela tersebut hanya berasal dari dana kapitasi yang nominalnya hanya sekitar 300 ribu per bulan.

Keprihatinan lainnya sambung Bupati, karena kondisi organisasi seperti itu tapi bagaimanapun pelayanan masyarakat tidak boleh menjadi rendah. Namun kondisi tersebut jangan menjadikan IBI menyerah karena pasti ada kekuatan lain.

Begitu juga tegas Bupati untuk menekan angka kematian ibu dan anak menjadi tugas dan tanggung jawab Bidan, tapi harus dapat diantisipasi dengan berbagai bentuk kekurangan.(K-K)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.